Tahukah Kamu, Pasir Pantai Berasal?

Tahukah Kamu, Pasir Pantai Berasal?

Pantai.-pixabay.com/-

LINGGAUPOS.CO.ID - Pasir pantai berasal dari berbagai tempat, dan terbentuk ketika batu atau material keras lainnya dipecah oleh gelombang hingga mengalami pelapukan selama ribuan bahkan jutaan tahun.

Batuan pun membutuhkan waktu untuk terurai, terutama kuarsa (silika) dan feldspar. Pantai memiliki pasir yang berbeda dari pasir di tempat lainnya. pasir juga memiliki warna yang beragam mulai berwarna hitam, cokelat muda, putih dan sebagainya. Perbedaan juga terlihat dari tekstur pasir yang lembut dan halus.

Di balik indahnya pantai dengan hamparan pasir yang memesona, tahukah kamu darimana sebenarnya pasir pantai berasal?

Pasir pantai juga bisa berasal dari material bebatuan yang terus-menerus runtuh, yang terbawa ribuan mil dari lautan, perlahan menyusuri sungai. Begitu material ini sampai ke laut, mereka semakin terkikis dari aksi gelombang dan pasang surut yang konstan. 

BACA JUGA:3 Makanan Ini Tinggi Karbohidrat tapi Gak Bikin Gemuk loh, Mau Coba Konsumsi?

Seperti yang dikutip dari whoi.edu, pasir yang ditemukan di pantai tertentu di ciptakan oleh lingkungannya. Sebagian besar pantai "mendapatkan" pasirnya dari bebatuan di darat.

Seiring berjalannya waktu, hujan, es, angin, suhu panas, suhu dingin, tumbuhan, dan hewan bisa memecah bebatuan menjadi potongan-potongan kecil. Pelapukan tersebut mungkin dimulai dengan batu besar yang dipecah menjadi batuan lebih kecil.

Kemudian, air mengalir melalui retakan yang akan mengikis batu dan di daerah yang cukup dingin untuk membeku, air mengembang saat berubah menjadi es. Hal itu memaksa retakan tersebut terbuka lebar.

Selain itu, deburan ombak dan pasang surutnya air pun bisa membuat pasir. Karena, gerakan tersebut membenturkan batu, kerikil, dan benda-benda lainnya satu sama lain. Gerakan tersebut pun menghaluskan tepi batu yang kasar. Hal ini membuat bebatuan dan kerikil semakin kecil dan butirannya membuat, dari proses inilah pasir yang lembut dan halus akan tercipta. 

BACA JUGA:Fitur Tersembunyi Microsoft Word yang Bisa Permudah Pekerjaan

Beberapa mineral dalam batu akan lapuk dengan waktu yang berbeda, tidak bertahan dengan baik. Sementara mineral lainnya yang jauh lebih keras seperti kuarsa dan feldspar, bertahan lebih lama dari yang lain, hingga membentuk pasir pantai dengan tekstur yang khas.

Kuarsa diwarnai dengan oksida besi berwarna coklat muda, sementara feldspar berwarna coklat muda. Dua mineral tersebut lah yang menciptakan warna khas pasir pantai. 

Untuk di daerah dengan gunung berapi, pasir berasal dari batuan vulkanik. Hal itu menjelaskan adanya pantai berwarna unik di Kepulauan Hawaii. Pantai Merah di Hawaii memiliki pasir berwarna merah yang berasal dari batuan vulkanik yang kaya akan zat besi.

Sementara pantai dengan pasir berwarna kehijauan dikabarkan mengandung mineral olivin. Sementara pantai pasir hitam tercipta dari obsidian atau kaca vulkanik. Di mana ketika lava mengalir ke perairan, mineral tersebut akan mengeras dengan sangat cepat hingga pecah, dan menciptakan pecahan obsidian. Seiring waktu, ombak menghaluskan pecahan tersebut dan mengubahnya menjadi pasir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: