Tahukah Kamu, Pasir Pantai Berasal?

Tahukah Kamu, Pasir Pantai Berasal?

Pantai.-pixabay.com/-

BACA JUGA:Rutin Konsumsi Apel Banyak Manfaatnya, Bisa Terhindar dari Penyakit Berbahaya Ini! Nyesalkan Baru Tahu!

Tapi, pasir pantai lebih dari sekadar mineral dari darat. Karena, beberapa pasir juga berasal dari laut. Yakni kerang, pecahan karang keras, atau dari organisme laut yang terdampar di pantai.

Deburan ombak memecah benda-benda tersebut menjadi potongan-potongan kecil berukuran pasir. Untuk daerah tropis, biasanya berasal dari terumbu karang. Biasanya terumbu karang merupakan rumah bagi hewan seperti ikan kakatua.

Ikan kakatua sendiri memakan ganggang yang hidup di dalam laut dan di karang. Karena setelah memakan sesuatu dari karang, mereka membuang sisanya dalam bentuk pasir. Seekor ikan kakatua dikabarkan bisa menghasilkan ratusan kilogram pasir setiap tahun.

Selain itu, pasir juga berasal dari sisa-sisa makhluk kecil yang disebut dengan foraminifera atau foram. Foram sendiri merupakan protista bersel tunggal mirip dengan amoeba. Mereka membentuk cangkang pelindung dari kalsium karbonat, seperti yang ditemukan di sebagian besar cangkang dan kerangka kerang.

BACA JUGA:Pramusim MotoGP 2023 Sepang Hari Ini: Marini Tercepat!

Ketika foram mati, cangkangnya tertinggal sebagai pasir. Di sejumlah wilayah, foram memiliki cangkang merah muda, hingga memberikan warna yang unik pada pasir pantai.*

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: