3 Makanan Ini Tinggi Karbohidrat tapi Gak Bikin Gemuk loh, Mau Coba Konsumsi?

3 Makanan Ini Tinggi Karbohidrat tapi Gak Bikin Gemuk loh, Mau Coba Konsumsi?

Beberapa makanan yang mengandung tinggi karbohidrat sehat dan enggak bikin gemuk.-instagram.com-

LINGGAUPOS.CO.ID — Karbohidrat adalah zat gizi yang berfungsi sebagai sumber energi untuk tubuh. Sumber energi ini merupakan makanan utama bagi otak. Oleh sebab itu, kekurangan karbohidrat justru bisa memicu masalah kesehatan, sehingga Anda tidak bisa menghindarinya.

Pada saat Anda mengonsumsi karbohidrat, tubuh akan memecahnya menjadi glukosa. Glukosa atau gula darah yaitu sumber energi utama untuk sel, jaringan, dan organ tubuh. Zat ini dapat segera digunakan atau disimpan di hati dan otot.

BACA JUGA:Rutin Konsumsi Apel Banyak Manfaatnya, Bisa Terhindar dari Penyakit Berbahaya Ini! Nyesalkan Baru Tahu!

Sebagian besar karbohidrat dapat dijumpai dalam biji-bijian. Namun, tidak sedikit pula produsen makanan yang menambahkan zat gizi ini ke dalam makanan olahan lainnya, berupa pati atau tambahan gula.

Karbohidrat menjadi asupan yang perlu dicukupi selain protein dan lemak. Namun, banyak orang yang menghindari konsumsi karbohidrat karena dianggap dapat menaikkan berat badan. Makanya, banyak orang yang menghindari karbohidrat saat sedang diet. Padahal, ada beberapa jenis makanan tinggi karbohidrat yang enggak bikin gemuk, lho.

BACA JUGA:Fitur Tersembunyi Microsoft Word yang Bisa Permudah Pekerjaan

Mengutip dari laman Eat This Not That, berikut ini beberapa makanan yang mengandung tinggi karbohidrat sehat dan enggak bikin gemuk. Yuk, simak baik-baik ya, Beauty!

  • Roti dan pasta

Karbohidrat dalam roti dan pasta mampu memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh. Karbohidrat menyediakan glukosa penting untuk produksi energi dalam sel, termasuk otak. Namun, kalau kamu mau konsumsi roti dan pasta, sebaiknya pilih jenis yang terbuat dari biji-bijian dan gandum utuh, ya.

BACA JUGA:Pramusim MotoGP 2023 Sepang Hari Ini: Marini Tercepat!

  • Apel dan pir

Makanan dengan karbohidrat tinggi juga dapat ditemukan daam buah seperti apel dan pir. Buah-buahan ini dianggap tinggi karbohidrat karena kandungan fruktosa di dalamnya.

Seorang ahli diet, Amy Shapiro, RD mengungkapkan, masalah makanan utuh kaya serat dengan kandungan nutrisi dapat membuat kenyang lebih lama. Hal tersebut juga memungkinkan nafsu makan terhadap gula jadi berkurang.

BACA JUGA:Prediksi PSIS Semarang vs Dewa United: Duel Marukawa vs Egy

  • Ubi jalar

Ubi jalar sering menjadi karbohidrat pengganti nasi. Selain memberikan asupan karbohidrat, ubi jalar oranye juga kaya antioksidan berupa beta karoten yang mampu memberikan asupan vitamin A ke dalam tubuh.

Kandungan serat dalam ubi jalar juga meembuat perut kenyang lebih lama, sehingga mampu mengontrol nafsu makan berlebih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: