9 Manfaat Bersepeda, Salah Satunya Mencegah Penyakit Jiwa. Tahukah kamu!

9 Manfaat Bersepeda, Salah Satunya Mencegah Penyakit Jiwa. Tahukah kamu!

Bersepeda adalah salah satu olahraga favorit, selain joging dan berlari.-twitter.com-

Tak hanya manfaat bersepeda, kalian juga harus mengetahui berbagai tips agar aktivitas bersepeda tetap aman. Berikut ini beberapa tips yang dirangkum dari laman Departemen Perhubungan AS dan Women’s Health.

  • Pakai Peralatan Lengkap

Saat bersepeda, pakailah peralatan keamanan lengkap, seperti helm, sepatu, pelindung siku dan lutut. Bersepeda jarak dekat pun tak menutup kemungkinan Anda bisa terjatuh atau kecelakaan. Kualitas peralatan pun bisa jadi pertimbangan. Semakin tinggi kualitasnya, maka aktivitas bersepeda Anda bisa semakin nyaman.

  • Atur Agar Nyaman

Sesuaikan pengaturan sepeda Anda sampai benar-benar nyaman, seperti masalah ketinggian sadel. Jika Anda selalu merasakan rasa tak nyaman bahkan hingga nyeri setelah bersepeda, mungkin ada yang salah dengan sepeda Anda.

  • Cek Kondisi Sebelum Dipakai

Sebelum Anda gunakan, terutama untuk jarak jauh, cek lagi kondisi sepeda Anda. Cek angin pada ban, fungsi rem, oli rantai dan lampu atau reflektor jika bersepeda malam hari.

  • Gunakan Pakaian Nyaman dan Aman

Saat bersepeda, kenakan pakaian olahraga yang nyaman agar gerakan Anda tidak terganggu, misalnya tidak mengenakan celana jin. Selain itu pakaian harus aman, maksudnya terlihat oleh orang lain saat malam atau hujan. Pakaian yang anti air juga baik agar tidak kehujanan.

  • Jangan Lupa Pemanasan

Sebelum bersepeda, usahakan melakukan pemanasan singkat untuk meregangkan otot-otot, terutama ketika bangun tidur. Peregangan membuat otot tidak kaku sehingga risiko cedera semakin kecil.

  • Perhatikan Potensi Bahaya

Waspadai bahaya di jalan, seperti lubang, kerikil, pecahan kaca, genangan air, dedaunan dan binatang. Hal ini dapat menyebabkan kecelakaan. Jika melihat batu besar di jalan, buanglah ke tempat aman agar tidak mencelakai orang lain.

  • Pastikan Anda Tahu Aturan

Mengetahui aturan bersepeda sangat penting agar Anda tidak bermasalah dengan hukum. Misal ada jalan atau flyover yang tidak boleh dilintasi sepeda, maka jangan nekat menerobos. Melanggar aturan juga bisa menyebabkan kecelakaan.

Kelebihan Bersepeda di Pagi Hari

Bersepeda pagi hari atau malam hari sama-sama memiliki kelebihan. Yang pertama kita ulas dahulu kelebihan bersepeda di pagi hari, seperti dilansir dari Priority Bicycles dan Bicycle2Work.

Bersepeda pagi membuat tubuh Anda bugar dan pikiran segar lebih pagi sehingga siap menjalani kesibukan. Bersepeda di pagi hari membuat tubuh kita terbiasa bangun pagi. Suhu di pagi hari paling optimal untuk berolahraga.

Sambil berolahraga, Anda bisa melihat matahari terbit yang menenangkan dari spot terbaik. Olahraga akan membuat Anda lapar sehingga mau tidak mau Anda jadi terbiasa sarapan. Suasana yang masih sepi membuat Anda lebih fokus dan bisa menjadi kegiatan meditasi. Bersepeda di pagi hari bisa sekaligus berangkat bekerja. Jadi Anda bisa berolahraga tanpa takut terlambat kerja.

Kelebihan Bersepeda di Malam Hari

Bagi sebagian orang, bersepeda di malam hari terasa lebih baik. Berikut beberapa kelebihan bersepeda di malam hari.

Saat bersepeda malam hari, pikiran kita tidak dibebani sederet aktivitas berat yang mungkin akan kita hadapi. Orang mungkin harus menunggu akhir pekan untuk healing. Tak perlu menunggu lama, bersepedalah di malam hari untuk healing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: