9 Manfaat Bersepeda, Salah Satunya Mencegah Penyakit Jiwa. Tahukah kamu!

9 Manfaat Bersepeda, Salah Satunya Mencegah Penyakit Jiwa. Tahukah kamu!

Bersepeda adalah salah satu olahraga favorit, selain joging dan berlari.-twitter.com-

LINGGAUPOS.CO.ID - Bersepeda adalah salah satu olahraga favorit, selain joging dan berlari. Banyak penggemar bersepeda yang melakukan kegiatan tersebut di berbagai macam medan, misalnya perbukitan, medan yang terjal maupun hanya sekadar dipedesaan dan perkotaan saja.

Bersepeda juga merupakan olahraga yang sederhana namun menyehatkan. Kita akan mendapatkan banyak manfaat sepeda jika dilakukan setiap hari. Tidak membutuhkan waktu lama, cukup sempatkan sekitar 30 menit untuk mendapatkan manfaat bersepeda.

Bersepeda merupakan opsi low-impact exercise, yakni jenis olahraga yang umumnya direkomendasikan bagi orang yang baru mulai berolahraga, obesitas, atau rentan mengalami cedera. Olahraga inipun mudah Anda lakukan dan minim risiko cedera.

Manfaat Bersepeda Setiap Hari untuk Kesehatan
Apa saja manfaat bersepeda setiap hari untuk kesehatan? Berikut ini 9 manfaat yang dirangkum dari
Better Health Channel, Everyday Health dan Healthline.

  • Jantung Sehat

Bersepeda dapat memperkuat otot jantung, menurunkan denyut nadi istirahat dan mengurangi kadar lemak dalam darah. Tentu hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit kardiovaskular, seperti stroke, serangan jantung dan hipertensi.

  • Mencegah Obesitas

Penelitian mengatakan bahwa bersepeda satu jam bisa membakar hingga 300 kalori. Ini adalah cara yang bagus untuk mengurangi atau mengontrol berat badan Anda. Lemak tubuh yang terbakar membuat risiko obesitas semakin kecil.

  • Tulang dan Otot Kuat

Bersepeda dapat membuat otot menjadi kuat, terutama otot kaki, perut, punggung bawah dan pinggul. Tulang yang terlatih pun menjadi tidak mudah rapuh, sehingga mencegah osteoporosis.

  • Tidak Mudah Cedera

Orang yang rajin bersepeda tidak akan mudah cedera. Sebab tulang, otot dan sendi mereka kuat. Otot dan tendon yang tidak pernah dilatih akan lemah dan membuat mudah cedera ketika terjatuh atau kecelakaan. Sendi yang kuat juga mencegah terjadi radang sendi.

  • Mengurangi Risiko Kanker

Banyak penelitian menghubungkan kegiatan bersepeda dengan kanker. Memang bersepeda tidak mungkin menyembuhkan kanker secara langsung. Akan tetapi bersepeda bisa mengurangi risiko datangnya berbagai penyakit, termasuk potensi kanker. Jika Anda baru mendapat pengobatan kanker, bersepeda ringan adalah cara sederhana dan mudah untuk menjaga kebugaran.

  • Mencegah Diabetes

Aktivitas fisik yang kurang bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes. Diabetes lebih mudah menyerang orang dengan berat badan berlebih atau obesitas. Kadar gula yang tinggi dapat merusak pembuluh darah dan dapat menyebabkan stroke. Bersepeda rutin merupakan solusi yang tepat untuk membakar kalori dan mengurangi risiko diabetes.

  • Meningkatkan Keseimbangan

Bersepeda merupakan olahraga yang membutuhkan keseimbangan. Dengan bersepeda rutin, kita akan semakin terlatih menjaga keseimbangan tubuh. Bersepeda juga menggerakkan banyak otot, tulang dan sendi, sehingga meningkatkan koordinasi anggota tubuh.

  • Mencegah Penyakit Jiwa

Bersepeda tidak sekadar olahraga, tapi juga hobi dan hiburan bagi kebanyakan orang. Sebab sambil bersepeda di luar ruangan, kita bisa melihat pemandangan, melihat aktivitas orang lain yang membuat kita segar kembali. Maka bersepeda rutin dapat menghindarkan kita dari penyakit jiwa seperti depresi, stres dan kecemasan.

  • Tidur Lebih Nyenyak

Buat Anda yang mengalami kesulitan tidur, mungkin bersepeda dapat menjadi solusi. Semakin banyak Anda beraktivitas, tubuh Anda secara otomatis menginginkan waktu untuk beristirahat.

Tips Bersepeda Aman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: