Tahukah Kamu! Usia Ayah Rata-rata Lebih Tua 7 Tahun dari Ibu Loh..

Tahukah Kamu! Usia Ayah Rata-rata Lebih Tua 7 Tahun dari Ibu Loh..

Usia rata-rata perempuan menjadi orang tua saat ini menginjak usia 28 tahun.-instagram.com-

LINGGAUPOS.CO.ID - Klasifikasi kelompok umur manusia dalam penelitian ini dibagi menjadi empat kelompok yaitu kanak-kanak (5-11 tahun), remaja (12-25 tahun), dewasa (26-45 tahun), dan lansia (46-65 tahun).

Klasifikasi kelompok umur manusia dapat didasarkan pada intensitas kerutan yang nampak pada citra wajah.

Ilmuwan mengungkap selama 250 ribu tahun terakhir usia rata-rata manusia memiliki anak adalah 26,9 tahun dengan jarak pasangan 7 tahun. Yang jelas, ayah Homo sapiens selalu lebih tua dari ibu.

Hal itu terungkap dalam studi yang dilakukan empat pakar dari Indiana University dan Baylor College of Medicine, AS, bertajuk 'Human generation times across the past 250,000 years' yang dimuat di jurnal ScienceAdvances.

BACA JUGA:Game Xbox 360 Ini Terbaik Sepanjang Masa, Salah Satunya Bisa Mambuat Kekacauan!

"Analisis kami terhadap data seluruh genom mengungkapkan waktu reproduksi rata-rata selama 250.000 tahun terakhir [adalah] 26,9 tahun, dengan ayah secara konsisten lebih tua (30,7 tahun) daripada ibu (23,2 tahun)," demikian dikutip dari jurnal tersebut.

Para ilmuwan mengaku menemukan cara untuk mengidentifikasi usia rata-rata saat pria dan wanita bereproduksi sepanjang sejarah evolusi manusia selama 250 ribu tahun dengan mempelajari mutasi DNA manusia modern.

"Melalui penelitian kami pada manusia modern, kami melihat bahwa kami dapat memprediksi usia di mana orang memiliki anak dari jenis mutasi DNA yang mereka tinggalkan kepada anak-anak mereka," kata rekan penulis studi Matthew Hahn, ahli genom di University Bloomington, AS.

"Kami kemudian menerapkan model ini pada nenek moyang manusia kami untuk menentukan usia berapa nenek moyang kami melahirkan," sambungnya.

BACA JUGA:Bunglon Bisa Berubah Warna? Kenapa yah!

Namun, peneliti menemukan kesenjangan usia makin berkurang dalam 5.000 tahun terakhir. Perkiraan studi terbaru menunjukkan usia rata-rata perempuan menjadi orang tua saat ini menginjak usia 28 tahun. Tren ini tampak sebagian besar didorong oleh wanita yang memiliki anak di usia yang lebih tua.

Selain peningkatan usia wanita menjadi ibu, penelitian ini menemukan konsistensi yang luar biasa dalam usia rata-rata orang tua baru sepanjang keberadaan spesies kita.

Tim peneliti melaporkan hal itu tidak meningkat terus sejak zaman prasejarah, meskipun berfluktuasi dari waktu ke waktu. Usia rata-rata saat pembuahan tampaknya telah turun sekitar 10.000 tahun yang lalu, dan karena itu bertepatan dengan munculnya pertanian dan awal peradaban.

Para peneliti mengatakan momentum itu terkait dengan pertumbuhan populasi yang cepat pada saat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: