Bunglon Bisa Berubah Warna? Kenapa yah!

Bunglon Bisa Berubah Warna? Kenapa yah!

Bunglon bisa mengubah-ubah warna kulitnya.-instagram.com-

LINGGAUPOS.CO.ID - Kita pasti sudah tau bunglon. Ya, kadal berwarna-warni ini diketahui dengan keahliannya mengganti warna, lidahnya yang lengket dan panjang serta matanya yang bisa digerakkan secara berbeda.

Bunglon atau londok (bahasa Sunda) yaitu sejenis reptil yang termasuk ke dalam suku (familia) Agamidae.

Bunglon meliputi beberapa marga, seperti Bronchocela, Calotes, Gonocephalus, Pseudocalotes dsb-nya.

Bunglon hampir bisa ditemukan di seluruh benua. Ada sekitar 160 spesies bunglon yang berbeda, dan habitatnya cukup bervariasi, dari mulai hutan hujan hingga gurun.

BACA JUGA:Bocah 13 Tahun di Lubuklinggau Menghilang, Ditemukan di Sumur dengan Kondisi Menggenaskan

Bunglon bisa mengubah-ubah warna kulitnya, walaupun tidak sehebat perubahan warna chamaeleon (suku Chamaeleonidae). Kebanyakan berganti dari warna-warna cerah (hijau, kuning, atau abu-abu terang) diproduksi menjadi warna yang semakin gelap, kecoklatan atau kehitaman.

Umumnya, bunglon tinggal di semak-semak dan pepohonan. Bunglon mempunyai ekor yang membantunya untuk tinggal di ketinggian, yaitu ekornya bisa menggapai cabang-cabang pohon ketika memanjat.

Jika Anda seorang penggemar reptil, pasti Anda tahu bahwa bunglon adalah reptil yang dapat mengubah warna kulitnya. Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa dan bagaimana bunglon bisa melakukan hal tersebuti?

Selain kemampuan untuk mengubah warna, bunglon memiliki banyak keunikan yang menjadi ciri khasnya, seperti kaki yang terlihat seperti kaki burung beo, mata yang dapat melihat ke dua arah berbeda sekaligus, serta lidah dan ekor yang panjang.

BACA JUGA:9 Tips Wajib Diketahui Pengguna Jalur Tol, Nomor 2 Harus Ada, Kalau Tidak Bisa Bahaya

Banyak orang yang percaya, bahwa bunglon mengubah warnanya untuk menyamarkan diri dan bersembunyi dari pemangsa.

Sebenarnya ini sedikit tidak masuk akal, karena bunglon adalah binatang yang bisa bergerak sangat cepat, banyak dari jenis bunglon yang dapat berlari hingga 34 km/jam mil per jam, dengan kemampuan ini tentu saja mereka dapat menghindari sebagian besar pemangsa dengan mudah.

Jadi, kamuflase hanyalah alasan sekunder mengapa bunglon mengubah warnanya.

Mengapa Bunglon Berubah Warna? Cek Faktanya di Sini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: