Cara Mencegah dan Mengatasi Penyebab Plafon Berjamur hingga Retak

Cara Mencegah dan Mengatasi Penyebab Plafon Berjamur hingga Retak

Plafon memiliki memegang peran penting dalam kemananan dan kenyamanan sebuah rumah.-twitter.com/-

LINGGAUPOS.CO.ID - Plafon bukan hanya suatu komponen penunjang estetika rumah. Lebih dari itu, plafon memiliki memegang peran penting dalam kemananan dan kenyamanan sebuah rumah.

Plafon atau langit-langit menjadi salah satu bagian yang butuh perhatian ekstra ketika memasuki musim hujan. Saat hujan melanda, acap terjadi masalah pada komponen bangunan rumah. Curah hujan tinggi bisa menyebabkan Plafon retak, berjamur, dan bocor.

Plafon yang retak dan berjamur akan mempengaruhi kenyamanan penghuni rumah. Belum lagi keretakan plafon berpotensi sebagai tanda awal kerusakan menyeluruh pada plafon. Ketika kerusakan semakin parah, bukan tidak mungkin plafon bisa ambles dan membahayakan penghuni rumah.

Inilah mengapa saat terjadi kerusakan kecil, pemilik rumah dianjurkan segera mengatasinya. Lebih baik lagi jika ada upaya pencegahan, yakni dengan melakukan perawatan plafon secara rutin.

BACA JUGA:Baru Sehari Menikah Pengantin Perempuan di Bengkulu Hamil 2 Bulan, Kabur dengan Mantan Kades

Berikut fungsi plafon dikutip dari buku Plafon Kreatif Seri Rumah Ide.

  • Sebagai penutup jaringan listrik yang dipasang di atas rumah;
  • Sebagai bantalan udara atau insulator panas;
  • Sebagai tempat penggantung lampu dan lemari gantung;
  • Sebagai tempat menyembunyikan lampu dan rel tirai;
  • Sebagai peredam kebisingan.
  • Penyebab dan Cara Mengatasi Plafon Retak dan Berjamur

Salah satu penyebab keretakan dan penjamuran pada plafon adalah kebocoran atap. Air yang mengalir akibat atap bocor kemudian menetes langsung ke plafon sehingga menjadikannya lembab dan berjamur.

Pada tahap awal dengan intensitas hujan yang ringan, mungkin kebocoran tidak akan terlihat. Namun, seiring berjalannya waktu dapat menyebabkan plafon menjadi rapuh dan terjadilah keretakan.

Untuk mengatasinya, pemilik rumah tentu perlu menambal kebocoran yang terjadi pada atap. Setelah itu, plafon bisa ditangani sesuai dengan kerusakannya. Jika hanya retak ringan bisa dilakukan dengan pengaplikasian compound pada plafon.

BACA JUGA:No Sensor, Video Cewek 4 Bersaudara Pamer Dada Diburu, Beredar Luas di Twitter dan TikTok

Keretakan juga sering terjadi akibat pengaplikasian plafon yang kurang tepat. Cara mengatasinya bisa dengan mengisi keretakan dengan compound dan dempul. Kemudian, oleskan dempul tersebut hingga keretakan pada plafon tertutup dengan sempurna. Setelah itu, beri lapisan cat tambalan yang memiliki warna senada dengan plafon agar terlihat lebih rapi.

Cara Merawat Plafon

Plafon pada umumnya terdiri dari beragam jenis bahan dasar seperti tripleks, akustik, gipsum, kayu, dan metal. Masing-masing jenis memiliki cara perawatan yang berbeda-beda.

Berikut cara merawat plafon secara rutin, mengutip Peraturan Menteri (Permen) Pekerjaan Umum No 24/PRT/M/2008 tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: