Kemenag Lubuklinggau Sukses Adakan Bimtek Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Kemenag Lubuklinggau Sukses Adakan Bimtek Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kota Lubuklinggau, H Abdul Harris Putra foto bersama usai menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kepala Madrasah dan Guru Kota Lubuklinggau berlangsung Tang-foto: agungperdana linggaupos.co.id-

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lubuklinggau mengadakan  Bimbingan Teknis (Bimtek) Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kepala Madrasah dan Guru Kota Lubuklinggau berlangsung Tanggal 5 hingga 17 Desember 2022 di Ballroom Hotel Cozy Lubuklinggau, Senin 5 Desember 2022.

"Alhamdulillah hari ini Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lubuklinggau telah memberikan Bimbingan Teknis PKB Kepala Madrasah dan Guru Kota Lubuklinggau,"kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kota Lubuklinggau, H Abdul Harris Putra.

"Dari Kelompok Kerja Kepala Madrasah (KKM) jenjang MA, MTs,MI, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) khususnya mata pelajaran Ekonomi dan Kimia serta Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK),"ungkapnya.

H Abdul Harris Putra menjelaskan setelah Bimtek ini dilaksanakan maka selanjutnya akan dilaksanakan On the Job Learning (OJL) di Madrasah masing-masing.

BACA JUGA:Kemenag Lubuklinggau Sukses Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka dan Raport Digital Madrasah

"Untuk peserta yang hadir hari ini yakni guru ekonomi, guru bimbingan konseling, guru kimia yang keterbatasannya yakni dari Kimia 15 orang, Ekonomi 15 orang dan Bimbingan Konseling 15 orang,"jelasnya.

Kemudian, ada juga peserta KKM yakni Madrasah Ibtidaiyah (MI) 10 orang, MTs 9 orang dan MAN 10 orang jadi total pesertanya berjumlah sekitar 74 orang.

"Pada waktu pembukaan Bimtek ini semuanya kita gabung dan setelah ini mereka belajar sesuai porsinya masing-masing dan ada narasumbernya masing-masing peserta,"Ia menambahkan.

Dikatakannya, tujuan bimtek ini untuk memberikan edukasi baru karena perkembangan zaman, anak juga harus diberikan pendidikan terutama Kurikulum Merdeka dan semua guru-guru yang ikut Bimtek nanti akan mengedukasi kembali ke Madrasah masing-masing.

BACA JUGA:Kemenag Lubuklinggau Adakan KSM Tingkat Sumsel 2022

"Kami berharap guru-guru ini dilatih maka nantinya melatih kembali guru-guru di Madrasah masing-masing karena mereka juga diutus dai Madrasahnya sehingga nanti setelah mengikuti Bimtek ini mereka akan mereka akan terapkan di Madrasahnya,"harapnya.

"Alhamdulillah tahun ini kita mendapatkan bantuan dari berbagai kelompok kerja yang ada di Madrasah, ada sembilan kelompok kerja yang mendapatkan bantuan langsung serta memberikan info-info terkait sistem pendidikan, sistem pembelajaran termasuk edukasi kepada anak-anak yakni tentang akhlak,"katanya.     

Sementara itu, Kasi Penmad Kankemenag Kota Lubuklinggau, Habibullah Angkasa menjelaskan Kemenag ini ada program besar terkait bagaimana meningkatkan mutu madrasah dan ini merupakan komponen kedua yakni peningkatan PKB yang melibatkan Kepala Madrasah, guru dan pengawas melalui KKG, KKM dan Pokjawas.

"Jadi seluruhnya ditingkatkan kualitas mutunya melalui PKB, ini berlangsung di Tahun 2022 dan melalui program ini dananya dibiayai oleh Bank Dunia sebanyak 3,7 Triliun untuk waktu empat tahun sejak tahun 2020 hingga tahun 2024,"tutupnya.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: