Menjaga Kesehatan Jantung dengan Rutin Konsumsi 5 Sayuran Ini

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Rutin Konsumsi 5 Sayuran Ini

Brokoli-pixabay.com-

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Penyakit jantung merupakan kondisi ketika jantung mengalami gangguan.

Bentuk gangguan itu sendiri bermacam-macam yakni gangguan pada pembuluh darah jantung, katup jantung, atau otot jantung.

Penyakit jantung juga dapat disebabkan oleh infeksi atau kelainan lahir.

Jantung merupakan otot yang terbagi menjadi empat ruang. Dua ruang terletak di bagian atas, yaitu atrium (serambi) kanan dan kiri.

BACA JUGA:Harta Kekayaan Tito Karnavia Disita, Begini Penjelasan KPK

Sayuran merupakan makanan sehat yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan agar kita rutin mengonsumsinya. Hal ini karena rutin mengonsumsi berbagai jenis sayuran bisa baik untuk tubuh, salah satunya, menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, dalam sayuran mengandung air, nutrisi, alkalinitas, kaya vitamin dan mineral, rendah kalori, dan tinggi serat.

Para ahli memang menganjurkan agar setiap orang rajin mengonsumsi sayuran, karena bisa membuat tubuh sehat dan menjaga kesehatan jantung sebagai organ vital.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Brokoli

BACA JUGA:Perhatikan Sebelum Membeli! Simak 6 Bahan Pasta Gigi Ini Diklaim Berbahaya Bagi Tubuh

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang mengandung vitamin C dan vitamin E, yang memiliki efek antioksidan.

Saat Anda mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, maka bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan melawan radikal bebas, yang merusak sel.

Jika radikal bebas itu merusak kolesterol yang ada di arteri, brokoli yang menrupakan sayuran jenis cruciferous akan berfungsi mengerem semua itu.

2. Buncis

BACA JUGA:Dua Perampok Berhelm Ojol Sekap Karyawan Alfamart Banyuasin

Menurut sebuah penelitian di Journal of Hypertension Prekursor, vitamin A ternyata membantu melawan peradangan dan bisa membantu mencegah hipertensi melalui sifat antioksidan dan antiinflamasinya.

Buncis merupakan salah satu biji sayuran dengan nutrisi seperti vitamin A, B, dan C serta senyawa yang disebut lutein. Selain itu, polong kecil di dalam buncis adalah legum bertepung yang penuh dengan serat dan folat, yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung.

3. Bok Choy

Bok choy ternyata merupakan sayuran yang bisa membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan memiliki sifat antikanker.

BACA JUGA:Alhamdulillah, TPG dan Tukin Guru 6 Provinsi Cair, Termasuk Sumatera Selatan

Kubis putih China ini juga memiliki kandungan folat, banyak vitamin, dan bahkan kalsium.

Saat memasak bok choy, direkomendasikan memakai cuka sari apel atau lemon. Pasalnya, asam membuat nutrisi dalam sayuran lebih mudah diserap dan hidangannya bahkan lebih enak.

4. Sayuran Hijau

Saat Anda mengonsumsi sayuran hijau, serat larut dari tumbuhan menjadi bergetah dan menempel pada kelebihan kolesterol yang beredar di dalam tubuh.

BACA JUGA:UMP Sumatera Selatan Diumumkan 28 November 2022, Berikut Jumlahnya

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di The Lancet, bahwa mempertahankan kadar kolesterol LDL rendah adalah kunci untuk kesehatan jantung, karena penumpukan dapat memblokir arteri dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dari waktu ke waktu.

5. Bayam

Menurut American Heart Association, potasium membantu meredakan stres pada dinding pembuluh darah dan membantu tubuh membuang kelebihan sodium, kadar yang tinggi menyebabkan retensi cairan.

Sayuran berdaun hijau ternyata merupakan salah satu bahan yang mengandung potasium, salah satunya bayam yang mengandung potasium tinggi.(genpi/jpnn)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id