Ada Indonesia Tempo Dulu, Inilah Sepak Terjang 5 Negara Asia di Piala Dunia

Ada Indonesia Tempo Dulu, Inilah Sepak Terjang 5 Negara Asia di Piala Dunia

salah satu venue penyelenggaraan pertandingan Piala Dunia-foto : twitter-

Namun nasib Jepang di Piala Dunia sejauh ini tidak terlalu mengesankan. Meski turut jadi tuan rumah di edisi 2002, mereka tidak melaju jauh seperti Korea Selatan.

Raihan terbaiknya di Piala Dunia 2002 hanya sampai di 16 besar, usai ditekuk di Turki dengan skor tipis 1-0.

Korea Utara

Selanjutnya ada negara yang dianggap ‘tertutup’ terhadap dunia luar, Korea Utara. Meski begitu, tim sepak bola negara ini pernah menuai kesuksesan di Piala Dunia 1966.

BACA JUGA:Polemik Kevin Sanjaya - Herry IP : Harus Bijak Demi Olimpiade

Saat itu, mereka menghadapi skuad Timnas Portugal yang berisikan legenda macam Eusebio. Sayang, Korea Utara kalah di perempat final dengan skor 3-5.

Sejauh ini, ‘tetangga’ Korea Selatan tersebut sudah berpartisipasi dua kali di kompetisi Piala Dunia.

BACA JUGA:Quartararo Terancam Gagal Juara Dunia!

Ada Indonesia Tempo Dulu : Indonesia (Dutch East Indies)

Pada masa dulu, Indonesia yang masih bernama Hindia Belanda pernah mencatat rekor hebat sebagai negara Asia pertama yang lolos ke Piala Dunia.

Peristiwa tersebut terjadi sudah lama sekali, yakni pada tahun 1938. Bahkan untuk lolos, Indonesia yang memakai nama Dutch East Indies tidak perlu melalui fase kualifikasi.

Saat itu, benua-benua yang belum pernah berpartisipasi di Piala Dunia sejak tahun 1930 mendapat undangan, termasuk Asia.

BACA JUGA:David De Gea Gabung Juventus?

Awalnya, Jepang adalah wakil yang dikirim Asia untuk bermain di Piala Dunia 1938 namun kemudian tempatnya digantikan oleh Indonesia.

Namun lolos tanpa melalui kualifikasi tidak menjadikan langkah Indonesia menjadi mudah. Pasalnya, mereka harus menghadapi Hungaria di pertandingan pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: