Konsumsi Makanan Manis Sebelum Tidur Berbahaya? Ini Fakta dari Pakar Neurologi

Konsumsi Makanan Manis Sebelum Tidur Berbahaya? Ini Fakta dari Pakar Neurologi

Pakar Neurologi Ungkap Fakta Bahaya Makanan Manis.-Tim Samuel-Pexels-

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Setiap orang yang mengkonsumsi makanan penutup alias makanan manis sebelum tidur sehingga ada sesuatu yang memuaskan tentang mengonsumsi makanan gurih dengan sesuatu yang manis.

Contoh makanan manis yang dinikmati yakni semangkuk es krim di malam hari, juga dapat memicu keinginan anda untuk mengemil gula sebelum tidur.

Adapun bahaya umum dari makan makanan yang mengandung gula tinggi sudah banyak diketahui orang-orang, tapi tetap saja, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana makan gula sebelum tidur mempengaruhi tubuh Anda, khususnya dalam hal tidur.

Dilansir dari laman livestrong, berikut 3 bahaya konsumsi makanan manis sebelum tidur.

BACA JUGA:Makin Tenar, Farel Prayoga Pelantun 'Ojo Dibandingke' Diantar Sekolah Naik Jet Pribadi

1. Dapat Menyebabkan Peradangan

Makan banyak gula sangat terkait dengan peradangan kronis, yang terkait dengan sejumlah kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, obesitas, kanker dan diabetes, menurut Harvard Health Publishing.

Dan memicu respons peradangan di tubuh Anda mungkin merupakan hal terakhir yang ingin Anda lakukan sebelum memukul jerami. Peradangan terkait dengan sleep apnea, suatu kondisi di mana saluran udara yang meradang menghalangi pernapasan Anda saat tidur, menurut Michigan Center for TMJ and Sleep Wellness.

"Gula dapat menyebabkan peradangan pada jaringan yang melapisi mulut dan tenggorokan, menyebabkan pembengkakan dan meningkatkan produksi lendir," kata ahli saraf dan dokter tidur Brandon R. Peters, MD, FAASM. "Ini dapat menyebabkan post-nasal drip dan mempengaruhi pernapasan, menyebabkan mendengkur dan memperburuk sleep apnea."

BACA JUGA:Buronan Sadis dari Muratara Dilumpuhkan, Leher Korbannya Nyaris Putus

Mendengkur dan gangguan tidur mungkin tampak tidak berbahaya, tetapi harus ditanggapi dengan serius, menurut Mayo Clinic.

2. Dapat Mempengaruhi Kualitas Tidur

Meskipun banyak orang berpikir bahwa makan gula sebelum tidur membuat Anda tetap terjaga dan menyebabkan hiperaktif, ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa ini benar.

Konon, gula rafinasi meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, yang dapat menyebabkan perasaan terburu-buru energi dan membuat sulit untuk tertidur, kata Peters.

BACA JUGA:Mahkamah Konstitusi Tolak Uji Materiil Undang Undang Pers

"Makan banyak gula sebelum tidur dapat menyebabkan Anda mendapatkan tidur yang lebih ringan, kurang restoratif dengan lebih banyak gairah," kata Peters. Gairah adalah kebangkitan atau transisi dari tidur nyenyak ke tidur yang lebih ringan. Gairah yang sering dapat merusak kualitas tidur dan dapat dikaitkan kembali dengan gangguan pernapasan.

Sementara penelitian tentang makan manisan sebelum tidur masih sedikit, yang kita tahu pasti adalah bahwa secara umum, makan terlalu banyak mempengaruhi tidur. Diet tinggi gula telah dikaitkan dengan kualitas dan durasi tidur yang buruk, menurut penelitian Agustus 2019 di American Journal of Lifestyle Medicine.

3. Bisa Menyebabkan Berat Badan Naik

Sekali lagi, ada penelitian terbatas tentang bagaimana makan gula sebelum tidur mempengaruhi berat badan Anda. Tapi kita tahu bahwa kelebihan gula akan disimpan dalam sel-sel lemak, menurut Klinik Cleveland.

BACA JUGA:Pengurus DPD BKPRMI Lubuklinggau Periode 2022-2026 Resmi Dilantik

Kami juga tahu saat Anda terjaga, tubuh Anda mungkin dapat menggunakan gula itu untuk energi. Tetapi di malam hari ketika Anda tidak melakukan aktivitas fisik, terlalu banyak gula bisa menjadi masalah.

"Ketika kita makan gula sebelum tidur, kita tidak memetabolisme gula dengan benar dan itu menjadi peradangan," kata ahli diet terdaftar Dana Ellis Hunnes PhD, RD. "Pada malam hari ketika kita tidur, kita tidak membakar gula itu, jadi itu lebih cenderung mengarah pada penyimpanan lemak dan penambahan berat badan."

Makan makanan manis di pagi hari memberi Anda kesempatan untuk memetabolisme gula sehingga digunakan untuk energi daripada disimpan sebagai lemak.(*)

Artikel ini sudah tayang di disway.id dengan judul: Konsumsi Makanan Manis Sebelum Tidur Berbahaya? Pakar Neurologi Ungkap Faktanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: