Dua Warga Lubuklinggau yang Ditangkap Polda Jatim, Terlibat Kejahatan Siber Carding, Berikut Penjelasannya

Dua Warga Lubuklinggau yang Ditangkap Polda Jatim, Terlibat Kejahatan Siber Carding, Berikut Penjelasannya

Ilustrasi kejahatan siber carding-Endang Kusmadi-LINGGAUPOS.CO.ID

BACA JUGA:Dua Warga Musi Rawas Ngaku Jambret Karena Bokek

Tips Mencegah Carding

Salah satu upaya untuk mencegah kasus carding adalah selalu menjaga kerahasiaan kartu Anda tetap aman, baik saat melakukan transaksi online maupun offline. Berikut ini beberapa tips menghindari carding.

• Perhatikan Cara Menggesek Kartu Saat Transaksi

Langkah penting untuk mencegah carding adalah memperhatikan petugas yang sedang menggesek kartu Anda menggunakan mesin EDC. Pastikan kartu hanya digesek satu kali saja dan tidak boleh terdapat penggesekan ganda, terlebih pada dua mesin berbeda.

• Pilih Situs Belanja Online Terpercaya

Pilih situs belanja online terpercaya yang memberikan sistem keamanan ganda kepada pengguna kartu kredit. Misalnya, fasilitas one time password (OTP) agar proses transaksi online dapat lebih tenang.

• Rahasiakan Data Pribadi atau Kartu Kredit

Jagalah kerahasiaan nomor kartu kredit Anda beserta Card Verification Value (CVV) yang terletak di bagian belakang kartu. Jangan pernah memberikan nomor tersebut kepada orang lain, bahkan anggota keluarga sekalipun.

• Gunakan Internet Pribadi

Hindari melakukan transaksi menggunakan internet publik saat mengakses situs belanja online yang terhubung dengan kartu kredit. Hal ini dikarenakan wifi pada tempat umum tersebut belum terjamin sistem keamanannya.

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai apa itu carding, cara kerja hingga tips mencegahnya. Carding adalah salah satu modus penipuan yang wajib Anda waspadai, khususnya bagi pengguna kartu transaksi. Tetap berhati-hati dan jaga kerahasiaan kartu kredit Anda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: