Jangan Terkecoh, Kenali Cara Pelaku Pembobol ATM Modus Pura-pura Membantu

Jangan Terkecoh, Kenali Cara Pelaku Pembobol ATM Modus Pura-pura Membantu

LINGGAUPOS.CO.ID – Kalau ada mengalami kesulitan di ATM, jangan mudah percaya dengan orang yang hendak membantu.

Sebaiknya meminta membantu petugas yang berwenang, misal pegawai atau satpam bank. Karena modus hendak membantu digunakan pelaku untuk melakukan aksi pembobolan.

Seperti yang berhasil diungkap petugas Sat Reskrim Polres Rejang Lebong, Bengkulu. Ada tiga tersangka berhasil ditangkap.

Ketiganya adalah yakni RN (53) dan EJ (48) warga Bandar Lampung, serta AW (31) warga Provinsi Banten.

BACA JUGA:Komplotan Pembobol ATM Beraksi di Lubuklinggau, yang Jadi Korban Segera Lapor

Kapolres Rejang Lebong AKBP Tonny Kurniawan, S.IK melalui Kasat Reskrim AKP Sampson Sosa Hutapea, S.IK menjelaskan, ketiga tersangka memiliki peran masing-masing dalam setiap melancarkan aksi mereka.

Dimana saat beraksi, RN berperan mengawali aksi dengan memanfaatkan tusuk gigi untuk menganjal lubang ATM. Agar jika nanti ada calon korban, kartu ATM tidak bisa masuk.

Setelah itu, peran digantikan AW yang berpura-pura akan membantuk calon korban dan menukar kartu ATM milik korban.

AW juga berperan sekaligus mengingat nomor PIN ATM korban saat korban berusaha memasukan PIN pada kartu ATM yang sudah diganti AW.

BACA JUGA:Bupati di Dilaporkan ke Polisi, Diduga Tanpa Izin Menikah Lagi

Sedangkan AJ sendiri memiliki peran sebagai pencari kendaraan operasional sekaligus driver yang mengawasi situasi dari dalam mobil.

”Dari hasil pemeriksaan kita, ketiganya setiap beraksi sudah membagi dan memiliki peran masing-masing. Ada yang mengganjal lubang ATM, berpura-pura mebantu calon korban dan satu lagi khusus mencari kendaraan untuk disewa sekaligus sebagai driver dalam setiap menjalankan aksi,’’ kata Kasat Reskrim AKP Sampson Sosa Hutapea

Jadi, berdasarkan penjelasan Kasat Reskrim tersebut, jika kartu ATM tidak bisa masuk di mesin ATM, da kendala di mesin ATM, jangan percaya dengan orang tidak dikenal yang hendak membantu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rakyatbengkulu.com