Tol Penghubung Sumatera Selatan dan Jambi Telah Diresmikan Jokowi, Siap Beroperasi Gratis

Kamis 17-10-2024,14:31 WIB
Reporter : Endah Sari
Editor : M Raihan Putra

LINGGAUPOS.CO.ID - Jelang akhir masa jabatan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmikan dua jalan tol trans Sumatera yang siap dilewati dan digratiskan. Salah satunya ialah tol penghubung Sumatera Selatan dan Jambi.

Diketahui tepat pada Rabu, 16 Oktober 2024 Jokowi meresmikan dua jalan tol Trans Sumatera yakni, ruas Indrapura- Kisaran dan ruas Betung- Tempino- Jambi.

Adapun jalan tol pertama yang diresmikan Jokowi adalah seksi 2 ruas Indrapura-Kisaran yang menghubungkan kawasan Limapuluh ke Kisaran sepanjang 32,15 kilometer.

Jalan tol ini sendiri adalah lanjutan dari seksi 1 Indrapura-Kisaran yang menghubungkan Indrapura ke Limapuluh sepanjang 15,6 kilometer.

BACA JUGA:Kabar Baik Bagi Pemain FC Mobile! Kode Redeem Terbaru Oktober 2024 Telah Hadir

Dengan demikian total panjang ruas Indrapura-Kisaran yang kini sudah tersambung penuh adalah 47,75 kilometer. Tol ini sudah dibangun sejak 2018 dengan anggaran Rp6,32 triliun.

Hal ini sendiri sebagaimana yang diutarakan Jokowi dalam peresmian tol tersebut.

“Kita akan resmikan jaln tol Indrapura-Kisaran yang dibangun sejak 2018 dengan investasi Rp6,32 triliun sepanjang 47,75 kilometer,” terang Jokowi, dikutip LINGGAUPOS.CO.ID pada Kamis, 17 Oktober 2024.

Selanjutnya jalan tol kedua yang diresmikan Jokowi adalah seksi 3 dari ruas Betung-Tempino-Jambi. Jaln ini menghubungkan kawasan Bayung Lencir ke Tempino dengan panjang 34 kilometer.

BACA JUGA:Datang Desa Kota Baru BTS Ulu, Bupati Hj Ratna Machmud Serahkan Ambulance dan Seragam Gratis

Anggaran yang dikeluarkan untuk jalan tol Bayung lencir- Tempino adalah senilai Rp5,6 triliun. Ruas jalan tol Betung- Tempino-Jambi sendiri akan menghubungkan Sumatera Selatan dan Jambi.

“Ini juga telah selesai jalan tol Bayung Lencir- Tempino di Jambi sepanjang 34 kilometer habiskan anggaran Rp5,6 triliun, ini sudah dibangun sejak 2 tahun lalu dan jadi bagian Trans Sumatera,” lanjut Presiden Jokowi.

Jokowi pun berharap jalan tol ini dapat meningkatkan daya saing daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

Pertama Dibuka Tol Digratiskan

BACA JUGA:Ada Kejutan di Stand PLN UP3 Lubuk Linggau, Saat Senam Sehat Minggu 20 Oktober 2024

Sementara itu, PT Hutama Karya (Persero) mengumumkan, Jalan Tol Betung-Tempino- Jambi seksi 3 (Segmen Bayung Lencir-Tempino) sepanjang 34 km akan mulai beroperasi tanpa tariff alias gratis pada Kamis 17 Oktober 2024 pukul 07.00 WIB.

Kategori :