Momentum Maulid Nabi SAW, Muslim Wajib Tahu, Inilah 7 Putra-Putri Nabi Muhammad

Rabu 18-09-2024,12:03 WIB
Reporter : Agung Perdana
Editor : Agung Perdana

Nabi Muhammad menikahkan Fatimah dengan Ali bin Abi Thalib pada tahun ke-2 Hijriyah atas perintah Allah melalui wahyu-Nya. 

Pada malam Selasa, tanggal 3 Ramadhan 11 Hijriyah, putri kesayangan Nabi Muhammad ini melahirkan Hasan. 

BACA JUGA:Hari Libur Maulid Nabi 2023, KAI Catat Lonjakan Penumpang Kereta Api Jarak Jauh Naik 50 Persen

Tidak lama kemudian ia juga melahirkan Husein dan terakhir Muhsin yang meninggal ketika masih kecil. Fatimah wafat enam bulan setelah wafatnya Rasulullah. 

Nabi Muhammad tidak memiliki keturunan selain dari Fatimah melalui jalur Hasan dan Husain. Dari sinilah kemudian keturunan baginda Nabi tersebar ke berbagai belahan dunia. 

6. Abdullah 

Fatimah mempunyai adik bernama Abdullah yang lahir di masa Islam. 

BACA JUGA:Ini 5 Alasan Pentingnya Memperingati Maulid Nabi, Muslim Wajib Tahu

Abdullah dilahirkan di Makkah dan wafat saat masih kecil. Ia juga disebut dengan nama At-Thayyib dan At-Thahir karena lahir di masa kenabian. 

7. Ibrahim 

Saat di Madinah Nabi Muhammad menikah dengan Mariyah Al-Qibthiyah, dari pernikahannya tersebut lahir putra terakhir Nabi Muhammad yang diberi nama Ibrahim. 

Ia lahir pada bulan Dzulhijjah tahun 8 Hijriyah, sekitar 17 atau 18 bulan kemudian, tepatnya di tahun ke 10 Hijriyah, Ibrahim wafat. 

BACA JUGA:Sangat Menyentuh Hati, Inilah 20 Kata-kata Mutiara tentang Maulid Nabi Muhammad 2024

Rasulullah pun menshalatinya dan memakamkannya di Baqi.  

Itulah 7 putra-putri Nabi Muhammad yang perlu diketahui oleh umat Islam. Dari keterangan ini dapat diketahui bahwa selain Fatimah, semua putra-putri yang mulia tersebut wafat sebelum wafatnya Rasulullah. 

Selain itu, Fatimah juga menjadi muara silsilah semua keturunan Rasulullah yang saat ini tersebar di berbagai belahan dunia. Wallahu a‘lam.

Kategori :