Paskibraka SMA Negeri Rupit Sukses Kibarkan Bendera Hari Lahir Pancasila, ini 6 Profil Pelajar Pancasila

Kamis 01-06-2023,15:15 WIB
Reporter : Endang Kusmadi
Editor : Endang Kusmadi

MURATARA, LINGGAUPOS.CO.ID – Paskibraka SMA Negeri Rupit, Kamis 1 Juni 2023 sukses menjalankan tugasnya dalam upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman sekolah.

Upacara berjalan dengan lancar, yang dihadiri para guru, termasuk Kepala SMA Negeri Rupit Jamal Nasor S.P.d. Serta turut hadir pelajar kelas X dan XI.

Sementara bertindak sebagai pembina upacara adalah guru SMA Negeri Rupit, yakni Sadam Husen S.Pd.

Dalam amanatnya, Sadam Husen S.Pd menjelaskan tentang 6 profil pelajar Pancasila, yakni Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif.

BACA JUGA:Pelajar SMA Negeri 4 Lubuklinggau Jadi Paskirbraka Nasional, ini Sejarah Paskibraka

Secara rinci sebagai berikut 6 profil pelajar Pancasila:

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

Pelajar Indonesia yang berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa.

Pelajar Pancasila memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia adalah akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara.

BACA JUGA:Harga BBM Pertamina Kembali Turun, ini Harga Per 1 Juni 2023

2. Berkebinekaan global

Pelajar Indonesia mempertahankan kebudayaan luhur, lokalitas, dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain.

Perilaku pelajar Pancasila ini menumbuhkan rasa saling menghargai dan memungkinkan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.

Elemen kunci berkebinekaan global adalah mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.

Kategori :