SKD CPNS 2024, Ini Kisi-Kisi dan Soal Materi TIU yang Pasti Keluar, Ada Deret Hingga Perbandingan Buruan Catat

SKD CPNS 2024, Ini Kisi-Kisi dan Soal Materi TIU yang Pasti Keluar, Ada Deret Hingga Perbandingan Buruan Catat

SKD CPNS 2024 terdiri dari tiga jenis tes, yaitu tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU) dan tes karakteristik pribadi (TKP).-Ilustrasi-

LINGGAUPOS.CO.ID - Dalam menghadapi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2024, berikut adalah kisi-kisis dan soal materi TIU yang pasti akan keluar dalam ujian. Dibawah ini selengkapnya.

Seperti yang diketahui dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 salah satu tahapan tes yang harus dilewati oleh pelamar adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Jadwal SKD CPNS tahun ini akan dimulai pada 16 Oktober sampai 14 November 2024, dalam pelaksanaannya SKD akan dilaksanakan dengan sistem CAT (Computer Asissted Test).

CAT SKD CPNS adalah sistem seleksi dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan lulusan yang memenuhi standar minimal kompetensi.

BACA JUGA:Aturan Pakaian Wajib untuk Tes SKD CPNS 2024, Peserta Ujian Merapat, Begini Ketentuannya

Adapun terkait materi tes SKD CPNS 2024 telah tercantum dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 321 Tahun 2024 Tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan CPNS 2024.

Dalam Kepmenpan RB tersebut, dituliskan bahwa tes SKD CPNS tahun ini terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Peserta yang akan mengikuti tes SKD CPNS akan menghadapi sebanyak 110 soal, dengan rincian 30 soal TWK, 35 soal TIU, dan 45 soal TKP.

Nah, khusus dalam ulasan kali ini kita akan mengulas mengenai kisi-kisi dan materi soal tes intelegensi umum (TIU) dalam SKD CPNS 2024.

BACA JUGA:Ini Rincian Jumlah Soal SKD CPNS 2024, TWK, TIU, TKP dan Waktu Pengerjaannya

Kisi-Kisi Tes Intelegensia Umum (TIU)

Tes Intelegensia Umum (TIU) bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan kemampuan verbal, numerik dan figural. masing-masing terdiri dari:

1. Kemampuan verbal terdiri dari

• Analogi, untuk mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang mempunyai hubungan tertentu, kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi lain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: