Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, 3 Bacaan Sholawat Pilihan yang Bisa Diamalkan di Bulan Rabiul Awal

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, 3 Bacaan Sholawat Pilihan yang Bisa Diamalkan di Bulan Rabiul Awal

3 bacaan sholawat pilihan--pixabay.com

Menurut Profesor Quraish Shihab, dalam bukunya Doa dalam Al-Qur'an, halaman 212 bahwa Sholawat Nariyah merupakan salah satu bentuk doa yang dinisbatkan kepada Sidi Ibrahim, seorang ahli dan praktisi tasawuf dari Maroko.  

BACA JUGA:Ini 5 Alasan Pentingnya Memperingati Maulid Nabi, Muslim Wajib Tahu

Sholawat ini dikenal karena keutamaannya yang dapat mengatasi berbagai kesulitan dan mencapai kemudahan hidup, sehingga banyak diwiridkan oleh umat Islam di berbagai belahan dunia. 

Sholawat ini pun diyakini dapat membawa manfaat besar, terutama dalam hal perlindungan dan kelapangan rezeki bagi orang yang mengamalkannya. 

Berikut bacaan sholawatnya:

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تُنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلٰى آلِهِ وَصَحْبِهِ فيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ 

BACA JUGA:Peringati Hari Maulid Nabi Muhammad, Inilah Amalan Sunnah yang Bisa Dikerjakan

Allāhumma ṣalli ṣalātan kāmilatan wa sallim salāman tāmmān ʿalā sayyidinā Muḥammad, alladzī tunḥallu bihil-ʿuqadu wa tanfariju bihil-kurabu wa tuqḍā bihil-ḥawāʾiju wa tunālu bihir-raghāʾibu wa ḥusnul-khawātīmi wa yustasqāl-ghamāmu biwajhihil-karīmi, wa ʿalā ālihī wa ṣaḥbihī fī kulli lamḥatin wa nafasin biʿadadi kulli maʿlūmin laka. 

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah sholawat yang sempurna dan salam yang sempurna kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, yang dengan sholawat kepadanya kesulitan-kesulitan terurai, dengan berkahnya kesedihan-kesedihan lenyap, dengan syafaatnya hajat-hajat terpenuhi, dengan keberkahannya segala keinginan tercapai, dengan berkahnya akhir yang baik diperoleh, dan dengan wajahnya yang mulia, dimohonkan agar hujan turun. Serta limpahkanlah shalawat dan salam kepada keluarga dan sahabatnya, di setiap kilatan pandangan dan tarikan napas sebanyak bilangan yang diketahui oleh-Mu."

2. Sholawat Badar 

Sholawat Badar merupakan salah satu sholawat yang populer di kalangan umat Islam di Indonesia yang diciptakan oleh KH M Ali Manshur pada sekitar tahun 1960-an.

BACA JUGA:Sangat Menyentuh Hati, Inilah 20 Kata-kata Mutiara tentang Maulid Nabi Muhammad 2024

Sholawat ini terinspirasi dari kisah heroik Perang Badar, dimana pasukan Muslim yang kecil mampu meraih kemenangan besar dengan pertolongan Allah. 

Karya ini mencerminkan rasa syukur dan pengagungan kepada Rasulullah SAW, serta menjadi pengingat akan pentingnya keimanan dan perjuangan dalam meraih ridha Allah. 

KH M Ali Manshur sendiri berasal dari keluarga ulama terkemuka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: