Sejarah Awal Lomba Tarik Tambang di Indonesia, Untuk Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Sejarah Awal Lomba Tarik Tambang di Indonesia, Untuk Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Sejarah Awal Lomba Tarik Tambang di Indonesia, Untuk Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia-Tangkap Layar-instagram @meme.dakwah.post

LINGGAUPOS.CO.ID – Sebagai orang Indonesia tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan perlombaan tarik tambang.

Tarik tambang sendiri merupakan salah satu olahraga tradisional yang kerap kita jumpai di acara perlombaan 17 Agustus untuk memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Tapi, tahukah kamu bagaimana awal mula sejarah tarik tambang itu ada di Indonesia sehingga sangat terkenal dan sangat populer di kalangan masyarakat dan menjadi salah satu lomba 17 Agustus di Indonesia?

Dikutip LINGGAUPOS.CO.ID dari laman wikipedia dan berbagai sumber lainnya pada Rabu, 1 Agustus 2024 berikut ini informasi mengenai sejarah singkat dari lomba tarik tambang.

BACA JUGA:Mengenal Cut Nyak Dien Pahlawan Kemerdekaan Wanita yang Memimpin Perang, Begini Kisahnya

Sejarah Lomba Tarik Tambang

Tarik tambang berasal dari sebuah kebudayaan kuno China, India dan Mesir. Menurut Buku Dinasti Tang, tarik tambang sudah ada di kebudayaan China sejak abad ke-8 sebelum Masehi.

Namun, tarik tambang bukan sebagai olahraga, melainkan cara untuk melatih tentara militer Negara Chu. Tarik tambang baru menjadi permainan sejak pemerintah Kaisar Xuanzong.

Sementara di India disebutkan bahwa tarik tambang mulai dikenal pada abad ke-12 sebelum Masehi. Hanya saja, belum jelas fungsi tarik tambang pada era tersebut.

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Lomba Makan Kerupuk, Selalu Ada Dalam Peringatan HUT Kemerdekaan RI

Catatan lain menyebut bahwa tarik tambang mulai dikenal sebagai olahraga atau permainan di Olimpiade yang digelar bangsa Yunani pada 500 tahun sebelum Masehi.

Tarik tambang juga digunakan untuk melatih kekuatan fisik orang-orang pada masa itu. Setelah itu, tarik tambang jadi mendunia.

Sejarah Tarik Tambang di Indonesia

Awal mula tarik tambang di Indonesia yakni dimulai sejak zaman penjajahan Belanda. Mulanya, masyarakat Indonesia diperkenalkan dengan tali tambang untuk menarik sebuah benda berat, misalnya batu, pasir dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: