6 Pahlawan Wanita Indonesia Berperan Penting Dalam Kemerdekaan, Patut Dikenang, Begini Perjalanannya

6 Pahlawan Wanita Indonesia Berperan Penting Dalam Kemerdekaan, Patut Dikenang, Begini Perjalanannya

6 Pahlawan Wanita Indonesia Berperan Penting Dalam Kemerdekaan, Patut Dikenang, Begini Perjalanannya--Dinas Perpustakaan Kota Pekanbaru

BACA JUGA:Kronologis Kebakaran Eks Rumah Guru SD di Selangit Musi Rawas, Polisi Ungkap Asal Api

Cut Meutia merupakan salah satu pahlawan wanita Indonesia yang berperang penting dalam perjuangan kemerdekaan.

Cut Meutia lahir pada 1870 di Aceh, yang pada saat itu masih dibawah penjajahan Belanda. Cut Meutia dikenal karena peran dan keberaniannya dalam perlawanan terhadap penjajah Belanda.

Ia dan pasukannya terlibat dalam pertempuran sengit melawan pasukan Belanda di daerah Gle Tarum, Sayangnya, pertempuran yang terjadi pada 3 November 1910 ini membuat Cut Meutia gugur sebagai pahlawan.

5. Nyi Ageng Serang

BACA JUGA:Fakta Memilukan Pembunuhan Wanita Dalam Karung di Lampung, Polisi Temukan Hal Ini

Selanjutnya adalah Nyi Ageng Serang, ia adalah seorang pejuang Jawaa yang berperan dalam perlawanan rakyat melawan penjajah Belanda selama perang Diponegoro.

Nyi Ageng Serang terkenal dengan semangatnya dalam memimpin pasukan untuk melawan para penjajah.

Lantas, sosok ini pun dihormati sebagai salah satu pahlawan nasional Indonesia yang berperan dalam perlawanan melawan penjajah Belanda dan memainkan peran penting dalam menjaga semangat perlawanan rakyat Jawa.

6. Dewi Sartika

BACA JUGA:Apotek Farsa Lubuk Linggau Buka Lowongan Kerja, Lulusan SMA Boleh Melamar

Sosok Dewi Sartika dikenal sebagai perintis pendidikan bagi kaum perempuan. ia adalah seorang pemikir dana pendidik yang gigih dalam memperjuangkan pendidikan bagi perempuan di masa Kolonial Belanda.

Ia mendirikan sekolah pertama untuk perempuan pribumi di Indonesia, yaitu "Sekolah Isteri" pada tahun 1904 di Bandung, yang kemudian dikenal sebagai "Sekolah Kartini" sebagai penghormatan kepada Raden Ajeng Kartini. 

Adapun Hari Pendidikan Nasional di Indonesia, yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 2 Mei, dipilih untuk mengenang Dewi Sartika dan jasanya dalam memajukan pendidikan.

Itulah ulasan singkat mengenai 6 pahlawan wanita Indonesia yang memiliki peran penting dalam kemerdekaan Indonesia. Semoga ulasan ini bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: