Polda Sumsel Tangkap Brimob Gadungan, Tipu Warga Muba Ratusan juta, Begini Modusnya

Polda Sumsel Tangkap Brimob Gadungan, Tipu Warga Muba Ratusan juta, Begini Modusnya

Polda Sumsel Tangkap Brimob Gadungan, Tipu Warga Muba Ratusan juta, Begini Modusnya --sumeks.co

PALEMBANG, LINGGAUPOS.CO.ID - Polda Sumatera Selatan berhasil menangkap seorang brimob gadungan, telah menipu warga di Musi Banyuasin (Muba) hingga ratusan juta, ini modusnya.

Seorang polisi gadungan mengaku  berpangkat perwira menengah (pamen) Kompol berhasil diringkus Unit 4 Subdit 1 Kamneg Ditreskrimum Polda Sumsel.

Diketahui brimob gadungan itu bernama Agus Heriyanto (41), ia adalah warga Musi Banyuasin (Muba) yang tinggal di Griya Interbis Indah, Kelurahan Talang Kelapa, Kecamatan AAL Palembang, diringkus pada Selasa 25 Juni 2024.

Agus ditangkap usai melakukan penipuan dengan mengaku sebagai seorang anggota Sat Brimob Polri berpangkat Kompol kepada salah satu warga di Kabupaten Muba.

BACA JUGA:Gerindra Gandeng Sulaiman Kohar di Pilkada Lubuk Linggau, Foto Makan Malam Bersama Ketua DPC Beredar

Bahkan, dalam melancarkan aksi penipuannya, tersangka ini mengaku ditugaskan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta.

Modus tersangka melakukan penipuan di keluarga Muba ialah dengan menjanjikan kepada keluarga korban yang bernama Ghulam Abuyudaffa lulus dan lolos menjadi Bintara Polri tahun 2023.

Namun, Agus meminta kepada korban uang sejumlah Rp345 juta kepada keluarga korban dengan alasan untuk diberikan kepada pimpinan.

Lantas, korban yang percaya dengan iming-iming brimob gadungan itu kemudian menyerahkan sebanyak 6 kali transfer dan satu kali secara tunai.

BACA JUGA:HP Realme GT 6 Laku 1.000 Unit Lebih, Masa Flash Sale Diperpanjang, Buruan Cek Spek dan Harganya

Sayangnya, setelah uang tersebut diserahkan, anak korban tidak lulus pada penerimaan Bintara Polri dan korban meminta uangnya tersebut dikembalikan.

Adapun, pengakuan dari Agus ia mengelabui korban dengan foto-foto dirinya yang berseragam seolah brimob asli.

“Saya meyakinkan keluarga korban dengan memasang foto-foto berpakaian lengkap anggota brimob,” kata Agus pada pers rilis ungkap kasus, Kamis, 27 Juni 2024.

Seperti yang terlihat pada rilis Polda Sumsel, ditunjukan sejumlah foto-foto Agus mengenakan pakaian brimob lengkap yang terbingkai rapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: