Buruan! Ada 19 Merek, Penjualan Jatah Subsidi 50 Ribu Unit Motor Listrik Akan Habis Agustus 2024 Ini

Buruan! Ada 19 Merek, Penjualan Jatah Subsidi  50 Ribu Unit Motor Listrik Akan Habis Agustus 2024 Ini

50 Ribu unit motor listrik akan habis Agustus 2024.--Instagram @motorlistrikbjm

LINGGAUPOS.CO.ID – Pemerintah sedang berusaha untuk meningkatkan pemakaian motor listrik dengan memberikan subsidi Rp7 juta, namun untuk pembeliannya dibatasi hingga 50 ribu unit untuk 2024 ini.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Jumat, 31 Mei 2024, jumlah subsidi tersebut terpantau turun dari 600 ribu unit dari yang ditetapkan pada 2023 lalu.

Menurut informasi, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat sejak 1 Januari hingga 27 Mei 2024 ini, pembelian motor listrik dengan subsidi ini telah tersalurkan sebanyak 30.083 unit.

Yang mana, angka tersebut telah mencapai 60.1 persen dari target penjualan 2024 ini.

BACA JUGA:Motor Listrik Goodrich BF-Bee Mirip Honda Scoopy, Intip Spek dan Harganya di Bawah Rp20 Juta

Sementara itu, Febri Hendri Antoni Arif selaku Juru Bicara Kementerian Perindustrian menjelaskan bahwa progress penyaluran bantuan pembelian motor listrik untuk periode tersebut telah melampaui total penyaluran bantuan pada 2023 lalu.

Dimana, ia menyebut bahwa target 50 ribu unit bakal tercapai pada Agustus 2024 ini.

"Melihat tren penjualan motor listrik pada periode Januari-Mei 2024, Kementerian Perindustrian menargetkan kuota bantuan pembelian 50.000 unit KBLBB roda dua bisa tercapai pada Agustus atau awal September mendatang," ucap Febri.

Adapun upaya lainnya yang sudah dilakukan oleh Kemenperin yaitu dengan menginisiasi langkah penyeragaman atau standardisasi baterai listrik.

BACA JUGA:Wow! Ternyata Hanya Segini Daya Listrik untuk Ngecas Motor Listrik di Rumah, Berapa Sebulan?

Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan daya saing produk serta menarik minat konsumen guna punya motor listrik.

Kemudian, Kemenperin juga sudah lakukan sejumlah sosialisasi bersama dengan Kementerian serta Lembaga lain untuk mensosialisasikan kebijakan, program serta manfaat KLBB.

Diketahui, sosialisasi tersebut telah menyasar sejumlah kelompok masyarakat serta APM mengenai keunggulan dari memakai kendaraan listrik yang berbasis baterai.

Menurut informasi, tahun ini peserta program subsidi motor listrik ini bertambah banyak yakni 19 merek serta 57 model.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: