838 Peserta Ikuti Lomba Serapungan, Pj Bupati Empat Lawang: Ajang Kenalkan Destinasi Wisata Daerah

838 Peserta Ikuti Lomba Serapungan, Pj Bupati Empat Lawang: Ajang Kenalkan Destinasi Wisata Daerah

838 Peserta Ikuti Lomba Serapungan, Pj Bupati Empat Lawang: Ajang Kenalkan Destinasi Wisata Daerah--

EMPAT LAWANG, LINGGAUPOS.CO.ID - Pemerintah Kabupaten EMPAT LAWANG melalui Dinas Pariwisata kembali menggelar Lomba Serapungan diikuti 838 peserta. 

Kegiatan tahun  ini diadakan masih dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 Kabupaten Empat Lawang. 

Lomba Serapungan berlangsung pada Minggu, 19 Mei 2024 dengan titik start di Desa Terusan, Kecamatan Tebing Tinggi, dan finish di Jembatan Musi II, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang. 

Acara ini dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Empat Lawang Fauzan Khoiri Denin. Hadir pula dalam acara tersebut Forkopimda Kabupaten Empat Lawang, Pj Sekda Hepy Safriani, seluruh kepala OPD, serta ratusan masyarakat yang antusias ingin menyaksikan.

Pj Bupati Fauzan Khoiri Denin mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan pemerintah kabupaten guna mempromosikan dan untuk mengenalkan Kabupaten Empat Lawang dan destinasi wisata.

Dari tingkat lokal, regional, bahkan kalau bisa nasional. “Hari ini kita melaksanakan tiga kategori, serapungan cepat, serapungan santai, dan rakit hias,” ucapnya.

Fauzan juga berharap bahwa kearifan lokal ini dapat menumbuhkan kecintaan terhadap air dan Sungai Musi. 

Serta mengajak semua pihak untuk menjaga kelestarian sungai agar bisa memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat dan pemerintah daerah.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Empat Lawang, Mgs Ahmad Nawawi, menjelaskan bahwa serapungan merupakan atraksi air ikonik dari pariwisata Empat Lawang. 

Yang mana mengingatkan pada tradisi zaman dahulu saat Sungai Musi menjadi jalur transportasi utama.

“Sejak tahun 2007, kami selalu melaksanakan serapungan ini, kecuali pada tahun 2021 dan 2022 karena wabah pandemi COVID-19,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa serapungan cepat diikuti oleh 105 peserta, serapungan santai 708 peserta, dan rakit hias 25 peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: