Mengenal Apa Itu Qurban Idul Adha, Mengapa Penting Dilakukan, Pahami Maknanya Berikut

Mengenal Apa Itu Qurban Idul Adha, Mengapa Penting Dilakukan, Pahami Maknanya Berikut

Mengenal Apa Itu Qurban Idul Adha, Mengapa Penting Dilakukan ?, Pahami Maknanya Berikut--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Mengenal apa itu qurban salah satu tradisi yang ada dalam perayaan Idul Adha, lantas mengapa hal itu penting untuk dilakukan. Simak begini penjelasannya dibawah ini.

Tak lama lagi hari raya idul adha 2024 akan segera tiba, salah satu hal yang paling identik dengan hari raya tersebut yaitu pelaksanaan qurban.

Diketahui dalam kalender masehi, perayaan Idul Adha tahun 2024 ini akan diperingati pada hari Senin, 17 Juni 2024.

Lantas sudahkah kamu tahu apa sebenarnya pengertian dan qurban yang sering dilakukan pada hari raya idul adha serta mengapa pula hal itu penting dilakukan.

BACA JUGA:Kasus yang Membawa Siska Sarangheo ke Lapas Kembangkuning Nusakambangan, Dihukum Seumur Hidup

Untuk itu, dalam ulasan ini kita akan mengulas secara khusus, terkait kurban. Qurban adalah ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT.

Ibadah qurban sendiri melibatkan penyembelihan hewan tertentu dengan niat tulus dan mengikuti tata cara yang ditetapkan dalam agama islam.

Adapun, dalam agama islam sejarah qurban memiliki akar yang berhubungan dengan kisah Nabi Ibrahim (Abraham) dan putranya, Nabi Ismail (Ishmael), sebagaimana yang telah diceritakan dalam al-quran.

Lantas, kisah itu pun menjadi landasan sejarah bagi ibadah qurban yang sering dilakukan oleh umat muslim.

BACA JUGA:Pilkada Musi Rawas 2024, PWI Mura Bentuk Mappilu dan Buka Posko Pengaduan

Menurut cerita dalam al-quran, Allah menguji kesetiaan Nabi Ibrahim dengan memerintahkan beliau untuk mengorbankan putranya, Nabi Ismail.

Kemudian Nabi Ibrahim yang taat kepada Allah itu pun bersedia melaksanakan perintah tersebut.

Namun, ketika nabi Ibrahim bersiap untuk mengorbankan putranya, Allah kemudian menggantikannya dengan seekor domba sebagai pengorbanan.

Peristiwa itu pun menjadi penting dalam sejarah agama islam, menandakan ketundukan nabi Ibrahim dan nabi Ismail kepada kehendak Allah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: