Setelah Setahun Lebih, Akhirnya Pensiunan PNS di Lubuk Linggau Kembali Menjadi WNI

Setelah Setahun Lebih, Akhirnya Pensiunan PNS di Lubuk Linggau Kembali Menjadi WNI

Setelah Setahun Lebih, Akhirnya Pensiunan PNS di Lubuk Linggau Kembali Menjadi WNI--

LUBUK LINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID – Marliah, pensiunan PNS Guru di LUBUK LINGGAU yang sebelumnya sempat menjadi Warga Negara Asing (WNA) Malaysia, akhirnya kembali menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Seperti diketahui Marliah sempat setahun lebih menjadi WNA Malaysia (Desember 2022), kendati baru diketahui pada Agustus 2023.

Kembalinya Marliah menjadi WNI ini, ditandai dengan diserahkannya dokumen kependudukan Marliah oleh Plt Kepala Disdukcapil Lubuk Linggau, M Iqbal, Senin 6 Mei 2024.

Adapun dokuman yang diserahkan kepada Marliah dokumen berupa Kartu Keluarga (KK) dan juga KTP.  

BACA JUGA:Kembali Jadi WNI Sulit, Pensiunan PNS Lubuk Linggau Sudah Jadi WNA Malaysia Sejak 2022

Pengembalikan kewarganergaraan ini, dijelaskan Iqbal setelah pihaknya menerima surat balasan dari Dirjen Capil, pada Jumat 3 Mei 2024.

Yakni, mengenai surat permohonan pemulihan NIK atas nama Marliah. Dan selanjutnya sudah selesai dipulihkan.

Kemudian Iqbal pun menceritakan, penyebab Marliah bisa menjadi WNA Malaysia, karena diketahui bahwa Marliah yang pindah belum pernah perekaman E-KTP.

Makanya ketika ada permintaan pindah kewarganegaraan, maka mengarah ke Marliah di Lubuk Linggau yang sudah perekaman E-KTP.

BACA JUGA:Diminta Sabar, ini Kata Keluarga Pensiunan Guru Lubuk Linggau yang jadi WNA Malaysia

Sehingga ketika dicek di database atas nama Marliah maka data ibu Marliah yang ada di Lubuklinggau.

Namun setelah adanya permintaan dari Marliah di Lubuk Linggau, Dirjen Capil juga menjelaskan memang ada dua orang atas nama yang sama ke Kemenkumham, tapi orangnya berbeda.

Diketahui sebelumnya, seorang pensiunan PNS Guru di Lubuk Linggau, bingung. Karena diketahui tiba-tiba sudah menjalani Warna Negara Asing (WNA) Malaysia.

Ibu tersebut adalah Marliah, yang merupakan warga RT.5 Jalan Lakitan Kelurahan Pasar Satelit Kecamatan Lubuk Linggau Utara II.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: