Hati-Hati! BMKG Imbau Masyarakat Sumsel Waspadai Jalur Rawan Bencana, Cek Titik Wilayahnya

Hati-Hati! BMKG Imbau Masyarakat Sumsel Waspadai Jalur Rawan Bencana, Cek Titik Wilayahnya

BMKG himbau masyarakat Sumsel waspadai jalur rawan bencana.--Freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Selatan (Sumsel) memprediksikan akan terjadi curah hujan intensitas lebat yang masih terjadi sepekan ke depan.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Selasa, 16 April 2024, BMKG juga memprediksikan potensi hujan ekstrem akan terus terjadi hingga pada akhir April.

Oleh karena itu, bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan pada momen arus balik Lebaran diimbau untuk tetap waspada.

Terkhusus apabila melalui jalur rawan bencana yang ada di Sumatera Selatan (Sumsel) seperti di wilayah Musi Banyuasin, OKU Selatan, Pagar Alam, Lahat, dan sebagainya.

BACA JUGA:Pembunuhan Ibu dan Anak di Palembang, Tim Forensik Temukan Fakta ini

"Pengguna transportasi darat diharapkan juga selalu memperhatikan kondisi cuaca. April ini masih dalam periode musim hujan," ujar Korbid Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Veronica Sinta Andayani.

Termasuk juga bagi masyarakat yang masih merayakan libur Lebaran ke lokasi-lokasi wisata alam yang ada di Sumsel, diharapkan untuk dapat waspada terhadap kondisi cuaca yang tidak menentu.

"Masyarakat juga diimbau untuk memperhatikan kondisi cuaca dan waspada tempat-tempat wisata yang berpotensi bencana seperti banjir dan longsor," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan perkiraan cuaca di Sumsel selama tiga hari ke depan akan berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi hampir di semua wilayah Sumsel.

BACA JUGA:Soal Pembatalan SK Pelantikan 186 Pejabat Musi Rawas, Bupati Buka Suara, Jawabannya Bikin Kaget

"Cuaca ini dipengaruhi adanya pertumbuhan awan hujan yang masih intensif karena atmosfir yang sangat lembab dan labil. Juga akibat pola angin belokan dan konvergensi," jelasnya.

Selain itu, secara umum cuaca di siang hari juga akan terjadi hujan lokal, yang kemudian sore hingga malam akan berpotensi hujan sedang hingga lebat.

"Untuk Kota Palembang masih berpotensi hujan sedang-lebat dalam 3 hari ke depan," ujarnya.

Veronica Sinta Andayani selaku Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II Palembang menjelaskan curah hujan intensitas lebat akan diprediksi masih terjadi sepekan ke depan, dan potensi hujan ekstrem juga masih terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: