Jemaah Aolia Gunungkidul Sudah Melaksanakan Salat Idul Fitri 2024 Hari Ini, Lebaran Lebih Dulu, Kok Bisa

Jemaah Aolia Gunungkidul Sudah Melaksanakan Salat Idul Fitri 2024 Hari Ini, Lebaran Lebih Dulu, Kok Bisa

Jemaah Aolia Gunungkidul Sudah Melaksanakan Salat Idul Fitri 2024 Hari Ini, Lebaran Lebih Dulu, Kok Bisa--instagram: txt.viral

GUNUNGKIDUL, LINGGAUPOS.CO.ID - Berbeda dari Pemerintah Jemaah Aolia Gunungkidul sudah melaksanakan salat idul fitri, mereka lebaran lebih dahulu. Begini penjelasannya.

Berbeda dengan Pemerintah maupun Muhammadiyah, Jemaah masjid Aolia sudah melaksanakan salat idul fitri 1445 Hijriah.

Diketahui salat Id akan dilaksanakan di aula rumah imam masjid Aolia, KH Ibnu Hajar Pranono, yang juga kerap disapa Mbah Benu, pada Jumat 5 April 2024. Dengan demikian, pada Kamis 4 April 2024 merupakan hari terakhir mereka berpuasa.

Adapun posisi rumah imam masjid Aolia ini berada di Padukuhan Panggang III, Kelurahan Giriharjo, Kepanewon Panggang, Kabupaten Gunungkidul.

BACA JUGA:Kronologis Polisi Kejar Pemuda Rejang Lebong Melintas Depan Pos Operasi Ketupat Muratara, Sempat Buang Senpi

Hal tersebut juga telah dikonfirmasi oleh menantu Mbah Benu, yakni Daud, ia membenarkan bahwa akan laksanakan salat Id pada Jumat.

“Besok (Jumat) jemaah masjid Aolia akan melaksanakan salat Id,” ujarnya pada Kamis, 4 April 2024.

Ia juga mengatakan bahwa salat Id jemaah masjid Aolia akan di imami oleh Mbah Benu. Dia menambahkan juga bahwa malam sebelum salat Id tidak ada takbiran seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Tidak ada aktivitas (takbiran). Hanya salat Isya saja. (Besok Jumat) tidak ada acara halalbihalal,” lanjutnya.

BACA JUGA:Keren! Kereta Cepat Brunei-Malaysia-IKN Rp1.114 Triliun akan Dibangun, Begini Tanggapan Presiden Jokowi

Adapun seperti mengutip dari unggahan instagram @txt.viral yang dikutip pada Jumat, 5 April 2024 yang memperlihatkan jemaah masjid Aolia yang akan melaksanakan salat idul fitri pada Jumat 5 April 2024.

Adapun telah diberitakan sebelumnya, Para jamaah  masjid Aolia mulai laksanakan tarawih pada Rabu, 6 Maret 2023 malam, maka dengan begitu mereka telah menetapkan puasa duluan.

Pemerintah maupun Muhammadiyah pun belum mulai melaksanakan puasa di bulan Ramadan. Namun, Jamaah Masjid Aolia ini mulai 1 Ramadan pada Kamis 7 Maret 2024.

Pengasuh jamaah Aolia, yaitu KH Raden Ibnu Hajar Sholeh, menyebutkan bahwa keputusan perayaan awal puasa ini berdasarkan pada hitungan kalender mereka dan berdasarkan perjalanan spiritual pimpinan jamaah mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: