Benarkah Indonesia Tertinggal dari Negara ASEAN, ini 10 Negara dengan Koneksi 5G Paling Ngebut Serta Terbanyak

Benarkah Indonesia Tertinggal dari Negara ASEAN, ini 10 Negara dengan Koneksi 5G Paling Ngebut Serta Terbanyak

10 negara dengan koneksi 5G paling ngebut serta terbanyak.--Instagram @unexplnd

LINGGAUPOS.CO.ID – Baru-baru ini, perusahaan riset koneksi internet Ookla merilis data tentang negara-negara dengan kecepatan jaringan 5G paling ngebut dan yang mengalami kemajuan dalam evolusi 5G.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Kamis, 4 April 2024, kawasan di Asia Pasifik disebut saat ini berada di jalur yang tepat untuk menjadi pasar 5G terbesar di dunia.

Saat ini ada delapan negara di kawasan negara ASEAN seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam, dan Laos yang telah mengadopsi 5G secara komersial.

Yang mengejutkan yaitu, negara tetangga Malaysia pada saat ini berada di antara negara yang terbaik di dunia dalam kecepatan pengunduhan 5G yang mana tembus hingga 512,10 Megabit per detiknya (Mbps).

BACA JUGA:Bulan Ramadan Puluhan Motor Balapan Liar di Musi Rawas, Ketahuan Polisi Begini Jadinya

Kemudian, negara Korea Selatan mengikuti dengan kecepatan pengunduhan hingga 503,99 Mbps.

Data dari Ookla juga menyebutkan sebagai bentuk pencapaian mengesankan bagi Malaysia yang meluncurkan 5G, selang 3,5 tahun setelah Korea Selatan yang menyusul mereka dalam hal kinerja.

"Kedua negara memiliki perbedaan yang mencolok dalam hal lanskap telekomunikasi mereka," bunyi laporan Ookla.

Riset tersebut juga menjelaskan pemerintah Malaysia memakai pendekatan jaringan grosir tunggal nasional (SWN) sebagai rencana penerapan 5G.

BACA JUGA:Dituduh Bagian dari Grup Perlawanan Palestina, Israel Bunuh Pekerja Bantuan Kemanusiaan di Gaza, Simak Disini

Sebagai informasi, di kawasan Asia Pasifik lainnya, seperti Singapura, India, Selandia Baru, China, serta Australia merupakan negara lain yang mencapai kecepatan rata-rata pengunduhan 5G yang melebihi 200 Mbps.

Untuk negara dikawasan Eropa seperti Prancis sejauh ini menjadi negara yang mencatat kecepatan rata-rata di atas 200 Mbps.

Sedangkan negara seperti Italia, Jerman, Inggris, dan Spanyol mencatat kecepatan rata-rata di bawah 150 Mbps.

Walaupun penyedia layanan di negara seperti Thailand dan Singapura yang sudah mencapai cakupan populasi dan kinerja jaringan yang signifikan di Indonesia serta Vietnam sendiri masih berada pada tahap awal evolusi 5G.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: