Lebaran Idul Fitri Belum Lengkap Kalau Nggak Ada Kue 8 Jam Khas Palembang, Begini Cara Buatnya

Lebaran Idul Fitri Belum Lengkap Kalau Nggak Ada Kue 8 Jam Khas Palembang, Begini Cara Buatnya

Lebaran Idul Fitri Belum Lengkap Kalau Nggak Ada Kue 8 Jam Khas Palembang, Begini Cara Buatnya--

BACA JUGA:Kue Lebaran Paling Dicari, Monde Susu yang Enak dan Lumer, Begini Resep Lengkapnya

Siapkan semua bahan, lelehkan margarine. Olesi Loyang ukuran 24x24x8 cm dengan margarin, lalu taburi tepung terigu, sisihkan.

Panaskan kukusan dengan api sedang. Pecahkan telur satu persatu, masukkan gula lalu aduk sampai tercampur rata dan gula larut.

Cukup pake whisk aja, gak perlu pake mixer supaya kuenya nanti tidak mengembang saat dimasak. Lalu tuang kental manis, aduk rata. Terakhir tuang margarin cair. Aduk perlahan lalu saring biar kotoran/ cangkang telur tidak masuk dalam adonan.

Tuang adonan ke loyang. Lalu tutup loyang dengan aluminium foil, lalu ikat kencang dengan tali, tujuannya agar air tidak masuk ke kue.

BACA JUGA:3 Resep Es Kuwut, Minuman Sehat Yang Cocok untuk Buka Puasa Ramadan 1445 H

Kemudian masukkan ke kukusan yang sudah mendidih airnya. Lalu tutup kukusan.Kukus nonstop selama 8 jam, sesekali air dalam kukusan ditambah air panas.

Setelah 8 jam, matikan kompor. Biarkan kuenya set (saat di kukus kue sedikit naik, setelah agak dingin, kue akan sedikit turun ke ukuran semula.

Setelah dingin baru simpan di kulkas. Kemudian setelah kue agak dingin/hangat, kuenya di oven lagi di suhu 150°C, api atas bawah selama 25 menit (sesuaikan oven masing-masing). Sampai bagian pinggirannya agak kering.

Tujuannya supaya kue lebih awet di suhu ruang tanpa masuk kulkas. Kue 8 jam siap di nikmati.

BACA JUGA:Kue Lebaran, Resep Good Time Choco Chips, Renyah dan Nikmat, Keluarga dan Tamu pada Suka, Begini Cara Buatnya

Itulah resep kue 8 jam yang bisa dibuat sendiri di rumah untuk hidangan hari raya Idul Fitri nanti ataupun untuk hampers keluarga dan kerabat terdekat.

Dengan membuat kue sendiri otomatis akan jauh lebih murah dan hemat, karena kalau mau beli diluar harga kue 8 jam ini lumayan mahal, bisa dibanderol sekitar Rp250.000 per Loyang, cukup mahal bukan?

Jadi ada baiknya jika kamu berniat menyajikan hidangan ini, yuk coba buat sendiri saja di rumah dengan mengikuti resep dan langkah-langkah diatas.(*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di platform media sosial, dengan klik LINK INI 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: