DKI Anggarkan Rp6,3 M Beli 5 Moge untuk Kawal Gubernur Baru, Simak Penjelasannya

DKI Anggarkan Rp6,3 M Beli 5 Moge untuk Kawal Gubernur Baru, Simak Penjelasannya

Motor moge listrik.--Freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyiapkan anggaran senilai Rp6,3 miliar untuk pembelian 5 motor mode listrik yang digunakan untuk pengawalan Gubernur terpilih.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Kamis, 28 Maret 2024, laporan ini sudah tertuang pada laman Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (Sirup LKPP).

Menurut informasi, anggaran Rp6,3 miliar untuk pembelian motor gede (moge) listrik ini guna mengawal orang-orang yang mendapatkan hak istimewa (Very Very Important Person/VVIP_ dan gubernur-wakil gubernur baru.

"Motor listrik tersebut akan digunakan prioritasnya untuk pemanduan gubernur terpilih. Kan baru tahun depan, tidak saya gunakan kok," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo.

BACA JUGA:Penting Menjaga Kondisi Tubuh Selama Ramadan, Yuk Disimak Diskon Produk Kesehatan di Alfamart, Waktu Terbatas

Lebih lanjut, Syafrin menjelaskan penggunaan motor listrik ini merujuk pada Perpres Nomor 55 Tahun 2019 mengenai Percepatan Implementasi Kendaraan Bermotor Berbasis Baterai.

Selain itu juga, pengadaan motor listrik ini juga sudah sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 mengenai Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Dinas Operasional serta Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Syafrin juga menjelaskan, pihaknya sudah membeli 186 unit motor listrik untuk patroli personel Dishub DKI 2023. 

Pengadaan moge listrik untuk patroli pengawalan (patwal) ini akan menggantikan moge patwal yang sudah digunakan sejak 2006.

BACA JUGA:Mengejutkan, Suami Sandra Dewi Resmi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Timah, Begini Perannya

"Ada beberapa kendaraan motor besar yang biasa digunakan untuk pengawalan usianya sudah cukup tua, 2006 terakhir kita mengadakan. Jadi ini kita akan ganti tapi dengan menggunakan teknologi motor listrik," ujar Syafrin.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa dengan adanya moge patwal ini, mobilitas gubernur Jakarta akan semakin tinggi.

Moge ini juga sebagai bukti dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk memulai upaya menekan polusi udara di Jakarta.

"Begitu itu dilakukan untuk pengawalan maka mobilitas Pak Gub sangat tinggi. Contohnya hari ini, beliau dari sini ada kegiatan lanjutan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: