Bahaya Kadar Gula Rendah saat Puasa, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bahaya Kadar Gula Rendah saat Puasa, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bahaya Kadar Gula Rendah saat Puasa, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya--freepik

LINGGAUPOS.CO.ID - Bahaya kadar gula rendah saat sedang puasa, untuk itu ketahui cara menanganinya dalam ulasan selengkapnya di bawah ini.

Saat berpuasa di bulan Ramadan, wajar saja jika anda merasakan lemas lantaran tak ada energi karena tidak mengkonsumsi apapun sebab puasa.

Bahkan, selain lemas anda juga bisa merasa pusing hingga keringat dingin, maka anda harus hati-hati, karena hal itu bisa jadi pertanda gula darah anda rendah.

Sebab, kadar gula yang rendah tentu berbahaya karena bisa membuat seseorang pingsan. Biasanya hal ini terjadi pada pasien diabetes dan menjadi tanda hipoglikemia.

BACA JUGA:Kakek di Lubuk Linggau Rudapaksa Bocah, Diduga Manfaatkan Kemiskinan Keluarga Korban, ini Pengakuan Tersangka

Namun, jangan salah kadar gula rendah juga dapat terjadi pada orang sehat. Apalagi, saat sedang berpuasa seperti sekarang ini.

Pada kondisi ekstrim lainnya, saat puasa bisa terjadi kadar gula darah yang terlalu rendah yaitu kurang dari 70 mg/dL atau disebut hipoglikemia.

Hipoglikemia ini juga bisa bersifat reaktif, yaitu muncul setelah individu berbuka puasa dengan makanan tinggi karbohidrat.

Sebab, mengkonsumsi makanan seperti itu dapat memicu pengeluaran insulin dalam jumlah besar. Akibatnya membuat kadar gula darah turun terlalu rendah.

BACA JUGA:Bulan Ramadan, Rumah Wartawan di Muratara Dibobol Maling, Habis-habisan, Kerugian Rp30 Juta

Adapun keluhan awal yang dapat dirasakan yaitu seperti gemetar, keringat dingin, rasa gugup hingga lapar.

Sementara, pada kondisi yang lebih berat atau sudah sering berulang, keluhan baru disadari saat otak mulai kehabisan sumber energinya, yaitu sulit untuk fokus dan berpikir, pandangan menjadi kabur, rasa melayang, sakit kepala, hingga pingsan atau hilang kesadaran.

Hipoglikemia tentu saja berbahaya, karena dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam nyawa.

Untuk penanganan awal yang dapat dilakukan di rumah apabila terjadi hipoglikemia yaitu sebaiknya anda segera konsumsi makanan atau minuman manis saat keluhan timbul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: