Berikut Jadwal Terbaru Libur Sekolah SMA/SMK/SLB Sambut Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, Jam Belajar Dikurangi

Berikut Jadwal Terbaru Libur Sekolah SMA/SMK/SLB Sambut Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, Jam Belajar Dikurangi

Dalam surat edaran baru tersebut, jadwal libur menyambut Ramadan dan Idul Fitri mengalami perubahan dari sebelumnya.-Dokumen-LINGGAUPOS.CO.ID

BACA JUGA:Kabar Kencannya Tersebar, Karin Aespa Minta Maaf ke Penggemar

Para peserta kembali mengikuti kegiatan belajar setelah lebaran Idul Fitri pada 22 April 2024. 

Kepala SMA Negeri Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas Marsudi saat dikonfirmasi mengaku telah menerima surat edaran tentang perubahan jadwal libur sekolah dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan tersebut. 

Sementara itu, di sisi lain, Pemerintah hingga kini belum menetapkan awal Ramadan 1445 H. 

Penetapan awal Ramadan baru akan diumumkan setelah Pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menggelar Sidang Isbat pada Minggu, 10 Maret 2024. 

BACA JUGA:Promo Syrup, Kurma, Nata De Coco, Permen, dan Jelly Sambut Ramadan di Indomaret, Periode 8 Sampai 14 Maret 20

Keputusan awal Ramadan 1445 H akan diambil melalui Sidang Isbat setelah melakukan pemantauan hilal di 134 titik lokasi tersebar di seluruh Indonesia. 

Keputusan ini disampaikan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kemenag RI, Adib saat Rapat Persiapan Penetapan Awal Ramadan di Jakarta.

Menurut Adib, Sidang Isbat untuk menentukan awal Ramadan 1445 H dilaksanakan melihat dari informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis atau hisab. 

 “Kami memutuskan akan menggelar rukyatulhilal di 134 lokasi di seluruh wilayah Indonesia,” kata Adib. 

BACA JUGA:Netflix Konfirmasi Adanya Film Avatar: The Last Airbender Season 2 dan 3, Simak Informasinya 

Menurut Adib, Rukyatulhilal nantinya dilaksanakan Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag kabupaten/kota, bekerja sama dengan Pengadilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lainnya.

Adib membeberkan, secara hisab, semua sistem sepakat ijtimak menjelang Ramadan jatuh pada Minggu, 10 Maret 2024 M atau bertepatan 29 Syakban 1445 H.

Dengan pertimbangan, pada hari rukyat, 29 Syakban 1445 H, tinggi hilal pada saat matahari terbenam di seluruh wilayah Indonesia berkisar antara -0°20’ 1,2” sampai 0°52’ 5,4” dengan sudut elongasi antara 2°14’ 46,8” sampai 2°41’ 50,4”.

Sementara itu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadan 1445 H akan jatuh pada Senin, 11 Maret 2024. Sedangkan lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1445 H jatuh pada tanggal 10 April 2024. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: