Heboh, Jakarta Sudah Tidak Berstatus Sebagai Ibu Kota Lagi Sejak 15 Februari 2024, Benarkah?

Heboh, Jakarta Sudah Tidak Berstatus Sebagai Ibu Kota Lagi Sejak 15 Februari 2024, Benarkah?

Heboh dan ramai isu mengenai Jakarta yang kehilangan statusnya sebagai Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024.--Freepik

BACA JUGA:Waduh, Viral Seorang Petani Masukan Galon Berisi Air dan Jeriken 20 Liter ke Karet, Ternyata Ini Tujuannya

"Harus segera membuat perppu untuk memastikan tadi bahwa kedudukan ibu kota IKN belum siap sehingga tetap di DKI sampai pada waktunya IKN siap sebagai ibu kota negara," ujarnya.

Supratman juga mengatakan bahwa ia bukan pembuat keputusan itu, namun merujuk pada Undang-undang tentang Ibu Kota Negara (IKN) yang mulai berlaku pada 15 Februari 2024 dalam padal 41 ayat (2) yang mana disebutkan.

"Paling lama 2 (dua) tahun sejak Undang-Undang ini diundangkan, Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2007 tentang Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta sebagai Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia diubah sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang ini."

Walaupun demikian, Jakarta tidak bisa secara otomatis sudah bukan lagi ibu kota negara. 

BACA JUGA:Sambut HBP ke-60, Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Gelar Kegiatan Donor Darah

Melainkan ada pasal lain dalam UU IKN yang menyatakan status ibu kota negara Jakarta baru dapat diganti dengan IKN di Kalimantan Timur melalui keputusan presiden (Keppres).

Kemudian hal ini juga dipertegas dalam pasal 39 dalam regulasi yang sama bahwa kedudukan, fungsi serta peran ibu kota negara tetap berada di Jakarta hingga dengan tanggal yang ditetapkan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke IKN dengan Keppres.

Itulah informasi seputar Jakarta yang sudah tidak berstatus sebagai Ibu Kota Negara lagi sejak 15 Februari 2024. Semoga bermanfaat. (*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di WhatsApp. Caranya klik DI SINI, kemudian klik tombol ikuti di kanan atas di aplikasi WhatsApp. Atau gabung di WhatsApp Grup melalui LINK INI. Serta dapatkan update di Facebook di LINK INI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: