Ketahui, ini 5 Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan Tubuh

Ketahui, ini 5 Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan Tubuh

ini 5 manfaat kopi hitam untuk kesehatan tubuh.--pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak digemari hampir semua orang. Tidak sedikit orang wajib minum Kopi sebelum melakukan aktifitas sehari-hari.

Kopi hitam banyak dipilih karena cita rasanya yang khas dan efek stimulan yang dapat membuat orang merasa berenergi dan bersemangat untuk beraktivitas.

Meski memiliki manfaat bagi kesehatan, minuman ini juga memiliki efek samping. Tidak sedikit orang yang mengeluh jantungnya berdebar atau sulit tidur setelah minum kopi hitam, terutama bila jumlah kopi yang diminum terlalu banyak. 

Meski rasanya pahit, ternyata kopi hitam tanpa gula memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.   

BACA JUGA:Unik, Gerai Kopi di Cina Sajikan Minuman dengan Campuran Daging Babi 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 5 manfaat kopi hitam untuk kesehatan tubuh.

1. Kopi hitam mengurangi risiko diabetes

Asam klorogenat pada kopi hitam terbukti membantu mengurangi lemak visceral perut. "Lemak perut sering dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan metabolisme seperti diabetes tipe 2.

Selain itu, konsumsi kopi hitam dapat bermanfaat bukan hanya secara estetika saja melainkan membantu mencegah penyakit-penyakit serius lainnya," ungkap Dr. Helen Goldstein, Direktur terapi fisik Flexit.Inc dikutip dari Eat This.

BACA JUGA:Resep Kopi Biji Kurma, Berikut Manfaat untuk Tubuh

2. Meningkatkan mood

Bukan saja berpotensi untuk mengurangi risiko diabetes, Goldstein menambahkan bila kopi hitam sangat mendukung untuk menguatkan atau meningkatkan mood.

"Kafein berperan untuk memblokir reseptor adenosin di otak. Oleh karenanya, rasa lelah kita dapat diminimalisir karena adanya kerja dari adenosin itu."

3. Mendapat dorongan antioksidan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: