Catat 3 Tips Mengatur Jam Tidur Saat Puasa, Biar Tidak Berantakan dan Bermasalah

Catat 3 Tips Mengatur Jam Tidur Saat Puasa, Biar Tidak Berantakan dan Bermasalah

Catat 3 Tips Mengatur Jam Tidur Saat Puasa, Biar Tidak Berantakan dan Bermasalah--Pixabay

BACA JUGA:Agak Laen, Sepasang Pengantin Ini Lakukan Akad Nikah di Atas Motor Trail Tuai Sorotan

3 Tips Mengatur Jam Tidur Saat Puasa

1. Buat jadwal tidur dan bangun pada waktu yang sama

Pertama, kamu perlu membuat jadwal tidur dan bangun di waktu yang sama dengan menghitung kebutuhan tidurmu, supaya kualitas dan kuantitas tidur tetap baik selama bulan puasa.

Jadi, untuk orang dewasa yang kebutuhan tidurnya 6–8 jam, kamu bisa atur waktu tidur di jam 21.00–22.00 untuk bisa bangun sekitar pukul 03.30-04.00 untuk sahur.

BACA JUGA:Adidas Rilis Sepatu SL 72 Edisi Bob Marley

Selanjutnya, agar kamu bisa menerapkan disiplin tidur dan bangun di momen puasa ini, pastikan tidak makan berat saat mendekati waktu tidur, aktifkan mode tidur di hp  dan jangan membuka sosial media maksimal 1 jam sebelum waktu tidur, serta terapkan sleep hygiene lain.

Begitu pula saat sahur, perhitungkan waktu untuk mempersiapkan menu sahur dan buatlah alarm bangun di waktu yang sudah kamu tentukan. Kamu bisa memulai kebiasaan ini sebelum mulai puasa, supaya sudah beradaptasi saat momen puasanya berjalan.

2. Tidur Malam Lebih Awal

Tips yang kedua ini penting untuk kamu lakukan, yaitu usahakan tidur malam lebih awal. Walaupun banyak godaan yang mengajakmu untuk begadang, sebaiknya ingat-ingat lagi jika waktu tidur lebih penting khususnya di bulan Ramadan ini.

BACA JUGA:Usia 42 Tahun, Kiki Amalia Melahirkan Anak Pertama, Begini Tanggapan Netizen

Makanya jangan terpengaruh dengan hal-hal yang dapat membuatmu telat tidur, salah satunya nonton. sebaiknya usahakan tetap disiplin dengan waktu tidurmu.

Jika memungkinkan, usahakan tidur lebih awal. Misalnya, jika biasanya kamu tidur jam 23.00, majukanlah ke jam 22.00. Bahkan, kalau memungkinkan tidurlah pada jam 21.30. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa kantuk saat harus bangun untuk sahur.

3. Tidur di Siang Hari

Nah, poin ketiga ini agak sulit dilakukan oleh semua orang terutama para pekerja. Tetapi, kalau kamu punya waktu luang di siang hari, manfaatkanlah untuk tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: