Inilah 15 Cara Menyambut dan Melaksanakan Puasa Ramadan 2024

Inilah 15 Cara Menyambut dan Melaksanakan Puasa Ramadan 2024

15 cara menyambut dan melaksanakan puasa Ramadsn 2024.--pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Bulan Ramadan 1445 Hijriyah Tahun 2024 merupakan momen yang paling ditunggu oleh seluruh umat Muslim. 

Selain itu, puasa menjadi hal yang penting karena segala amal ibadah yang diperbuat akan dilipatgandakan. 

Jadinya, ada banyak pahala yang bisa diperoleh untuk bekal di akhirat nanti. 

Bulan Ramadan merupakan salah satu bulan yang suci dalam agama Islam.

BACA JUGA:Inilah 7 Tips Menyambut Puasa Jelang Ramadan 2024 

Di bulan Ramadan, kaum muslimin diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh. 

Mengutip dari laman resmi Kementerian Agama (Kemenag) RI, sidang Isbat tahun ini akan digelar pada tanggal 10 Maret 2024 atau tanggal 29 Syaban dalam penanggalan Kalender Hijriah. Artinya, hingga saat ini belum ada keputusan resmi mengenai kapan awal bulan puasa 2024 dari pemerintah.

Meskipun begitu, jika mengacu pada kalender Hijriah yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI, awal bulan puasa Ramadan jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024. 

Dilansir dari nu.id, inilah 15 cara menyambut dan melaksanakan puasa Ramadan 2024

BACA JUGA:Inilah Daftar Produk Diskon di JM Lubuk Linggau Jelang Ramadan Hingga 7 Maret 2024, Yuk Disimak Apa Saja 

Allahu yarham KH A Nuril Huda dalam tulisan berjudul “Bagaimana Menyambut Ramadan? yang dimuat oleh NU Online menyebutkan ada 15 cara yang bisa dilakukan agar puasa Ramadan lebih sempurna. 

“Agar puasa Ramadan dapat dikerjakan dengan sempurna dan mendapatkan pahala dari Allah SWT, maka hendaknya melakukan hal-hal ini,” tulisnya. 

Menurut kiai yang pernah menjabat sebagai Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU) masa khidmah 2004-2010 ini, hal pertama yang bisa dilakukan adalah mempersiapkan diri dan memohon maaf kepada sesama.  

“Pertama, mempersiapkan jasmani dan rohani, mental spiritual seperti membersihkan lingkungan, badan, pikiran dan hati dengan memperbanyak permohonan ampun kepada Allah SWT dan minta maaf kepada sesama manusia,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: