Membaca Surat Al-Mulk Secara Rutin Diyakini Dapat Menjadi Penyelamat dari Siksa Kubur

Membaca Surat Al-Mulk Secara Rutin Diyakini Dapat Menjadi Penyelamat dari Siksa Kubur

Membaca surat Al-Mulk secara rutin diyakini dapat menjadi penyelamat dari siksa kubur--Freepik

As-Suyuthi berkata: "Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa surat 'Tabarak' dapat membela pembacanya di dalam kubur dan di hari kiamat. Surat tersebut dapat menyelamatkan pembacanya dari siksaan dan memasukkannya ke dalam surga,". [Syekh Muhammad bin Abdul Baqi bin Yusuf al Zarqani , Syarh al Zurqani 'ala Muwatha` al-Imam Malik, Juz II [Beirut: Dar Fikr, tt] halaman 31]. 

 

Adapun, Muhammad bin Abdur Rahman Mubarakfuri dalam kitabnya Tuhfatu al Ahwadzi bi Syarh Jami' al Tirmidzi menguraikan pentingnya surat Al-Mulk dalam mencegah siksa kubur.

Dalam Jilid VIII halaman 160, ia menegaskan bahwa surat tersebut memiliki manfaat luar biasa dalam menjaga seseorang dari azab kubur serta mencegah mereka dari melakukan perbuatan dosa yang dapat menyebabkan siksa tersebut.

 

Mubarakfuri menjelaskan bahwa kekuatan surat Al-Mulk bukan hanya terbatas pada perlindungan dari siksa kubur, tetapi juga memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsekuensi perbuatan dosa.

Dengan merenungkan makna-makna dalam surah ini, seseorang diingatkan akan akibat dari perbuatan yang tidak benar, sehingga mereka dapat menjauhkan diri dari tindakan dosa yang berpotensi mengakibatkan siksa di akhirat.

 

سورة الملك ( المانعة ) أي تمنع من عذاب القبر أو من المعاصي التي توجب عذاب القبر ( هي المنجية ) يحتمل أن تكون مؤكدة لقوله ( هي المانعة ) وأن تكون مفسرة ومن ثمة عقب بقوله ( تنجيه من عذاب القبر ) .

Artinya: "Surah Al-Mulk (mencegah), yaitu mencegah dari siksaan kubur atau dari dosa-dosa yang mewajibkan siksaan kubur. [Surah Al-Mulk] yang menyelamatkan, bisa jadi menegaskan perkataan sebelumnya (yang mencegah) atau bisa jadi menjelaskan. Oleh karena itu, dijelaskan dengan perkataan (menyelamatkannya dari siksaan kubur)." [Muhammad bin Abdur Rahman Mubarakfuri, Tuhfatu al Ahwadzi bi Syarh Jami' al Tirmidzi Jilid VIII, [Beirut: Dar Kutub al-Ilmiyah, tt], halaman 160].

Oleh karena itu, dianjurkan bagi setiap Muslim untuk membaca surat Al-Mulk secara rutin, terutama pada bulan Sya'ban yang mulia ini. Semoga Allah swt memberikan perlindungan kepada kita semua dari siksaan kubur dan memberikan pahala yang terbaik. 

Inilah informasi membaca Surat Al-Mulk secara rutin diyakini dapat menjadi penyelamat dari siksa kubur. Semoga bermanfaat.(*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di WhatsApp. Caranya klik DI SINI, kemudian klik tombol ikuti di kanan atas di aplikasi WhatsApp. Atau gabung di WhatsApp Grup melalui LINK INI. Serta dapatkan update di Facebook di LINK INI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: