Penting Jangan Sampai Salah, Inilah Cara Memilih Susu untuk Anak Agar Gizinya Terpenuhi

Penting Jangan Sampai Salah, Inilah Cara Memilih Susu untuk Anak Agar Gizinya Terpenuhi

Susu untuk anak agar gizinya terpenuhi.--Freepik

BACA JUGA:Inilah 7 Penyebab Anak Sering Memukul Orang Lain, Orang Tua Wajib Tahu

Kemudian, yang kedua menurut dia, orang tua perlu untuk cek nutrisi guna mendukung kognitif si kecil.

Dalam periode emas, ibu wajib memastikan bahwa tumbuh kembang anak tidak hanya berat serta tinggi badan namun juga kecerdasan otak.

”Sehingga penting untuk memilih susu yang mengandung banyak nutrisi penting untuk mendukung kognitif si kecil yang mengandung nutrisi dan sumber nutrisi seperti minyak ikan, DHA, omega 3, omega 6,” papar Juwalita Surapsari.

Kemudian, yang ketiga untuk pilihlah susu dengan kandungan zat besi sesuai dengan kebutuhan anak dan penyerapannya optimal.

BACA JUGA:Jika Anak Sering Memukul, Orang Tua Perlu Lakukan 7 Hal ini

Guna mencegah  anak mengalami anemia, pilihlah susu pertumbuhan yang mengandung zat besi. Kurangnya zat besi atau defisiensi besi ini dapat menjadi salah satu faktor penyebab stunting pada anak.

Selain itu juga, Juwalita menjelaskan hal tersebut bisa menimbulkan dampak negatif permanen. Termasuk pada perkembangan kognitif anak.

”Pilih susu pertumbuhan yang mengandung zat besi, dan dikombinasikan dengan vitamin C, karena kombinasi zat besi dan vitamin C dukung penyerapan zat besi hingga 2 kali lipat,” terang Juwalita Surapsari.

”Pemenuhan asupan harian zat besi dan juga penyerapannya terjadi maksimal adalah salah satu langkah penting untuk mencegah terjadinya anemia pada anak dan mendukung tumbuh kembang agar berjalan optimal,” ungkap dia.

BACA JUGA:15 Rekomendasi Hadiah di Hari Ibu, Ungkapkan Kasih Sayangmu, Dijamin Ibu Suka

Lalu terakhir, keempat, ia menyampaikan  para orang tua perlu memberikan susu pertumbuhan sesuai dengan usia anak.

Berbagai jenis susu biasanya membuat para ibu bingung harus memilih susu jenis apa. Susu pertumbuhan memiliki komposisi nutrisi yaitu makro serta mikronutrien yang lebih lengkap, sesuai dengan rekomendasi kebutuhan nutrisi anak.

”Beberapa kandungan nutrisi dalam susu pertumbuhan biasanya telah difortifikasi (adanya vitamin, mineral termasuk zat besi, omega 3, dan omega 6, serta DHA) yang berperan penting untuk tumbuh kembang anak. Bahkan, merangkum Medical Journal of Indonesia, mengkonsumsi susu pertumbuhan setiap hari (>300 ml) berkaitan dengan kejadian stunting yang lebih rendah,” ucap Juwalita Surapsari.

Itulah informasi seputar cara penting dalam memilih susu anak agar gizinya terpenuhi. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: