Ketahui 5 Pengidap Penyakit Berikut Sebaiknya Tidak Berpuasa, Cek Daftarnya

Ketahui 5 Pengidap Penyakit Berikut Sebaiknya Tidak Berpuasa, Cek Daftarnya

Ketahui 5 Pengidap Penyakit Berikut Sebaiknya Tidak Berpuasa, Cek Daftarnya--Pixabay.com

BACA JUGA:Sidang Isbat Penetapan 1 Ramadan 2024 Dilakukan 3 Tahap, Berikut Agendanya

Misalnya pengidap ginjal kronis yang berpuasa, akan berisiko tinggi untuk mengalami dehidrasi dan hiperviskositas yang menyebabkan kerusakan fungsi ginjal dan trombosis vaskuler.

4. Pengidap Gangguan pernapasan akut 

Seseorang dengan gangguan pernapasan akut seperti asma akut atau penyakit paru obstruksi kronis (PPOK) yang membutuhkan pengobatan rutin dan tepat waktu, ia boleh tidak berpuasa. 

Namun, pengidap asma ringan masih boleh puasa dan menggunakan inhaler kapanpun diperlukan selama puasa. Karena inhaler asma tidak diklasifikasikan sebagai makanan atau minuman, sehingga diperbolehkan selama puasa.

BACA JUGA:Resep Puding Cendol, Cocok untuk Hidangan Buka Puasa Ramadan, Anak-anak Pasti Suka

5. Pengidap Diabetes 

Selanjutnya, terakhir para pengidap diabetes tipe 1 yang tidak terkontrol serta ibu hamil dengan gestational diabetes juga dianjurkan tidak puasa. 

Sebab, pengidap diabetes tipe 1, pankreas tidak sanggup memproduksi insulin. Jika tidak ada insulin dalam tubuh, maka dapat memicu berbagai resiko kesehatan jika kamu puasa.

Diabetes yang tidak terkontrol dapat berisiko meningkatkan gula darah mendadak (hiperglikemia). Walau dengan berpuasa  kita menahan hawa nafsu makan, namun tidak jarang orang bertambah gemuk selama bulan ramadhan karena makan berlebih saat berbuka. Inilah yang dapat meningkatkan kadar gula darah dalam waktu singkat.

BACA JUGA:3 Resep Puding Kurma Cocok untuk Anak-anak, Sajian Pas Puasa Ramadan

Nah, itulah beberapa kondisi atau penyakit yang mengharuskan agar para pengidapnya tidak berpuasa. Semoga ulasan ini bermanfaat. (*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di WhatsApp. Caranya klik DI SINI, kemudian klik tombol ikuti di kanan atas di aplikasi WhatsApp. Atau gabung di WhatsApp Grup melalui LINK INI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: