Uya Kuya Dilaporkan ke Bawaslu, Terkait Pemilu 2024, Begini Ceritanya

Uya Kuya Dilaporkan ke Bawaslu, Terkait Pemilu 2024, Begini Ceritanya

Uya Kuya dilaporke Bawaslu terkait pelanggaran Pemilu 2024-Tangkap Layar-instagram @king_uyakuya

LINGGAUPOS.CO.IDUya Kuya dilaporkan ke Bawaslu diduga kampanye saat pencoblosan Pemilu 2024 oleh Lembaga perlindungan pekerja migran Indonesia, Migrant Care.

Diketahui Uya Kuya merupakan salah satu selebritis serta calon anggota legislatif dari PAN, dengan nama asli Surya Utama atau yang akrab dikenal Uya Kuya.

Staf Pengolahan Data dan Publikasi Migrant Care, Muhammad Santosa menjelaskan bahwa laporan itu terkait aksi Uya Kuya yang diduga cawe-cawe atau kampanye saat pemungutan suara di Malaysia yang jatuh pada Minggu, 11 Februari 2024.

Koordinator Publikasi Migrant Care, Trisna Dwi Yuni menyebut, dugaan pelanggaran kampanye di luar jadwal yang dilakukan oleh Uya Kuya merupakan tindak pidana pemilu.

BACA JUGA:Ternyata Segini Penghasilan Oknum Guru Musi Rawas yang Jadi Pengedar Sabu, Baru 3 Bulan Mengajar

Laporan disampaikan sejumlah pemantau Migrant Care ke Kantor Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 20 Februari 2024 siang.

"Ada yang kami laporkan atas dugaan tindak pidana Pemilu, kampanye di luar jadwal yang telah ditentukan," kata Koordinator Publikasi Migrant Care, Trisna Dwi Yuni, dalam jumpa pers, dikutip Kamis, 22 Februari 2024.

"Kenapa saat Uya Kuya datang ke Gedung WTC kami sebut kampanye? Karena kami merujuk ke UU Pemilu, bahwa citra diri itu termasuk kampanye," katanya.

Sementara Pemantau Migrant Care, Muhammad Santoso, yang ikut memantau pencoblosan bagi WNI di Kuala Lumpur, Malaysia, mendapati Uya Kuya mendekati para pemilih.

BACA JUGA:Pemerintah Putuskan 1 Ramadan 1445 H pada 10 Maret 2024, Berdasarkan Hasil Pantauan 134 Hilal

"Kami mendapati artis Uya Kuya hadir di sana. Sekitar jam 10-an waktu setempat Uya Kuya datang ke Gedung WTC, di sana banyak WNI tengah mencoblos," ucapnya.

Santosa menyampaikan, Uya Kuya tampak mondar-mandir di sekitar tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN).

Pihaknya menduga yang dilakukan Uya Kuya untuk cawe-cawe kepada para pemilih di Malaysia.

Bahkan, keberadaan Uya Kuya di sana sempat menarik perhatian para pemilih yang menggunakan hak pilihnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: