Hukuman Bagi Pelaku Bullying, Dapat Dijerat dengan Pidana dan Perdata, Begini Bunyinya

Hukuman Bagi Pelaku Bullying, Dapat Dijerat dengan Pidana dan Perdata, Begini Bunyinya

Hukuman Bagi Pelaku Bullying, Dapat Dijerat dengan Pidana dan Perdata, Begini Bunyinya--Pixabay.com

BACA JUGA:Kronologis Hilangnya Sepeda Motor Wartawan, Saat Meliput Pencurian di Masjid Baitul Ghofur Lubuk Linggau

 Bagi yang melanggarnya akan dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun 6 (enam) bulan dan/atau denda paling banyak Rp 72 Juta.

Bahkan, hukuman bagi pelaku bullying bisa lebih berat lagi apabila korban yang dirundung bunuh diri.

Seperti yang dijelaskan  dalam Pasal 345 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana mengatur bahwa barangsiapa dengan sengaja mendorong orang lain untuk bunuh diri, menolongnya dalam perbuatan itu, atau memberi saran kepadanya untuk itu, dapat diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun jika orang tersebut bunuh diri.

Selain dapat dijerat secara pidana, pelaku bullying juga dapat dikenai dengan pengaturan hukum perdata.

BACA JUGA:Kabar Terbaru, Nikita Willy Alami Keguguran Usia Kehamilan 7 Minggu

Sebab, dalam Undang-Undang No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, korban juga memiliki aspek perdata sebagai hak untuk menuntut ganti rugi secara materil atau immateril terhadap pelaku.

Gugatan secara perdata ini tercantum pada Pasal 71D Ayat (1) juncto Pasal 59 Ayat (2) Huruf I Undang-Undang No. 35 Tahun 2014 yang secara umum memberikan kesempatan kepada korban untuk 

mengajukan gugatan perdata untuk menuntut ganti rugi kepada pelaku kekerasan atas dasar telah melakukan perbuatan melawan hukum menggunakan Pasal 1364 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. (*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di WhatsApp. Caranya klik DI SINI, kemudian klik tombol ikuti di kanan atas di aplikasi WhatsApp. Atau gabung di WhatsApp Grup melalui LINK INI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: