Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Antara Cempedak dan Nangka

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Antara Cempedak dan Nangka

Menyimak perbedaan buah cempedak dengan nangka, serupa tapi tak sama-Tangkap Layar-instagram @buah.nangkaa, @cempedak_goreng_ciklina

LINGGAUPOS.CO.ID – Terkadang kita terkecoh dengan kedua buah ini, yakni cempedak dan nangka. Serupa tapi tak sama, ini perbedaan antara cempedak dan nangka

Selain kaya manfaat bagi tubuh, kedua buah ini juga banyak dikonsumsi karena rasanya yang dominan manis. Karena kemiripannya, kedua buah ini sukar dibedakan bagi sebagian orang.  

Cempedak dan nangka merupakan buah tropis yang banyak ditemui di Indonesia, sama-sama memiliki rasa yang manis dan khas namun tetap ada perbedaan diantara keduanya.Mau tahu? Yuk disimak informasi lengkapnya berikut ini.

Dikutip LINGGAUPOS.CO.ID dari berbagai sumber pada Senin, 5 Februari 2024 berikut ini perbedaan antara cempedak dan nangka.

BACA JUGA:6 Penyakit Akibat Sering Marah, Berbahaya Sekali, Kesehatan Dapat Terancam

Nama ilmiah cempedak adalah Artocarpus integer. Buah cempedak memiliki bentuk yang bulat atau agak lonjong dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan nangka. 

Kulitnya lebih lembut dan memiliki tonjolan-tonjolan yang lebih tajam. Ukuran buah cempedak biasanya berdiameter 10-15 cm dengan panjang 20-35 cm.

Kulit cempedak juga memiliki tonjolan, tetapi tak berduri seperti nangka. Kulitnya juga lebih halus dan mudah dipisahkan dari daging buah.

Cempedak memiliki daging buah yang berwarna kuning tua hingga jingga. Buah cempedak sedikit lebih manis, harum, dan lembut mirip tekstur durian. 

BACA JUGA:Tragis, 3 Warga Muba Tewas saat Bawa Jenazah, Begini Ceritanya

Daging buah cempedak lebih padat dan teksturnya lebih serat. Rasanya lebih manis dan memiliki aroma yang khas.

Cempedak biasanya dikonsumsi secara langsung setelah kulitnya dipisahkan dan daging buahnya diekstraksi.

Cempedak juga dapat digunakan dalam makanan penutup, makanan penjajakan, atau diolah menjadi manisan.

Cempedak lebih banyak diolah sebagai campuran olahan kue, seperti kue bolu. Sementara itu, nama ilmiah nangka adalah Artocarpus heterophyllus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: