Tegas! Menlu Indonesia Retno Walk Out Saat Dubes Israel Pidato di DK PBB, Berikut Alasannya

Tegas! Menlu Indonesia Retno Walk Out Saat Dubes Israel Pidato di DK PBB, Berikut Alasannya

Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia Retno Marsudi walk out saat sedang mengikuti debat terbuka, pada saat Duta Besar Israel untuk AS dan PBB Gilad Erdan menyampaikan pidatonya. --Instagram @folkative

BACA JUGA:Shio Babi Tahun Naga Kayu 2024, Rezeki Bisa Maksimal, Catat Ini Angka Keberuntungannya

Sejumlah video yang beredar di media sosial, Menlu Retno bersama sejumlah diplomat melakukan walkout atau keluar dari ruangan pertemuan Dewan Keamanan PBB pada Selasa, 23 Januari 2024. 

Pada saat dikonfirmasi, juru bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhamad Iqbal membenarkan walk out yang dilakukan oleh Menlu Retno pada saat perwakilan Israel itu berbicara di forum tersebut. 

"Menlu Retno dan ketua delegasi sejumlah negara lainnya keluar dari ruangan saat watap Israel menyampaikan statement-nya,"

Selain itu Retno juga mendesak untuk DK PBB segera bertindak sebab semakin meningkatnya korban jiwa dan kelaparan DK Palestina. 

BACA JUGA:Karakter Shio Anjing Tahun Naga Kayu Setelah Imlek 2024, Soal Kinerja Tidak Diragukan, Kejujuran Oke Banget

Dan dirinya juga mendorong kepada semua pihak untuk menghormati hukum internasional termasuk di Gaza. 

"Saya juga bertanya di depan Dewan Keamanan PBB apakah lebih dari 25 ribu nyawa yang telah melayang ditambah dengan semakin banyaknya yang sekarat karena kelaparan dan kedinginan, termasuk bayi dan anak-anak masih terlalu sedikit untuk kita segera bertindak? Saya tekankan semua dari kita memiliki tanggung jawab untuk menghormati hukum humaniter internasional tanpa kecuali, termasuk situasi di Gaza," ucap Retno. 

Kemudian, Retno juga menyoroti aksi militer yang semakin melebar di luar Gaza serta ancaman perang di kawasan Timur Tengah. 

Oleh sebab itu, Menlu mendesak untuk adanya gencatan senjata permanen antara Israel dan Palestina. 

BACA JUGA:Ramalan Shio Kambing Paling Hoki di Tahun Naga Kayu 2024, Berikut Karakteristiknya

"Pentingnya terciptanya gencatan senjata segera dan permanen. Ini akan menjadi game changer untuk segala hal," lanjutnya. 

Dirinya menilai gencatan senjata permanen akan membuat proses solusi dua negara berjalan dan bisa mengatasi situasi kemanusiaan di Gaza. 

Retno juga terlihat bersuara lantang dalam menghadapi pernyataan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang menentang pembentukan negara  Palestina. 

Dirinya menginginkan penting untuk terus mendukung upaya senior humanitarian and re construction coordinator membuka jalan untuk pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: