Hak Cipta Karakter Mickey Mouse Berakhir Hari ini, Berikut Sebabnya

Hak Cipta Karakter Mickey Mouse Berakhir Hari ini, Berikut Sebabnya

Disney hari ini kehilangan hak cipta atas tokoh kartun karakter Mickey Mouse yang legendaris tersebut per 1 Januari 2024.--Instagram @mickeymouse

BACA JUGA:3 Resep Kopi ini Bisa Optimalkan Metabolisme dan Bakar Lemak

Sebelumnya, Disney belum membuat film dengan suara melainkan hanya film bisu. Lalu kemudian, Walt Disney dan Ub Iwerks bergerak merekam banyak suara dari peralatan sehari-hari. 

Suara tersebut kemudian digunakan sebagai layar suara dari Steamboat Willie. Misalnya saja suara peralatan dapur atau hewan ternak.. 

Kemudian, film ini menjadi sukses dan bahkan diputar di Roxy, New York, merupakan bioskop terbesar di dunia saat itu. 

Keadaan ini membuat Disney dan film-filmnya diidentikkan dengan karakter tikus bernama Mickey Mouse. 

BACA JUGA:Polisi Tangkap Pelaku Pembunuhan Sadis Satu Keluarga di Muba, Ngakunya Sendirian

Berikut penyebab mengapa Disney kehilangan hak ciptanya. 

Disney secara resmi kehilangan hak ciptanya terhadap tokoh karakter Mickey Mouse ini pada 1 Januari 2024.

Melalui situs Kantor Hak Cipta Amerika Serikat, negara ini memiliki undang-undang yang memperoleh hak cipta karya yang dibuat sebelum 1 Januari 1978 dipegang secara individu selama 95 tahun sejak pertama kali terbit atau sekitar 120 tahun sejak diciptakan. 

Sedangkan karya yang dibuat setelah 1 Januari 1978 mendapatkan perlindungan hak cipta seumur hidup oleh penciptanya ditambah 70 tahun setelah sang pencipta wafat. 

BACA JUGA:Polisi Tangkap Pelaku Pembunuhan Sadis Satu Keluarga di Muba, Ngakunya Sendirian

Yang mana artinya, Disney memiliki hak cipta atas desain Mickey Mouse di film Steamboat Willie selama 95 tahun sejak pertama kali dibuat pada 1928.

Namun setelah masa berlaku ini berakhir, pemiliknya akan kehilangan hak cipta desain tersebut. Desain ini akan ditempatkan di domain publik. 

Pihak Disney ingin memperpanjang masa berlaku hak cipta menjadi 95 tahun. Ini membuat UU tersebut dikenal sebagai undang-undang perlindungan Mickey Mouse. 

Namun dari anggota parlemen AS tidak berminat memberikan perpanjangan terhadap UU tersebut. Akibatnya, hak cipta desain Mickey Mouse dari Steamboat Willie berakhir pada tahun baru 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: