10 Hewan yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Mengalami Kepunahan

10 Hewan yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Mengalami Kepunahan

10 Hewan yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Mengalami Kepunahan--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID – Memiliki banyak pulau menjadikan negara Indonesia memiliki berbagai macam hewan endemik yang beragam, berikut ini daftar hewan yang dilindungi karena terancam punah, hewan ini dilindungi dan jika diburu bisa dikenakan sanksi hukum.

Lantas apa saja daftar hewan yang dilindungi di Indonesia yang masuk ke golongan dilindungi? Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini hewan yang dilindungi di Indonesia

1. Orangutan

Orangutan menjadi salah satu jenis spesies primate yang besar yang ada di dunia, orangutan memiliki habitat di pulau Sumatera dan Kalimantan, jika kalian ingin melihat orangutan secara langsung, kalian bisa mendatangi dua pulau tersebut.

BACA JUGA:Tingkatkan Deteksi Dini, Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Kontrol Area Brandgang

Hewan ini dilindungi karena terancam punah karena jumlahnya terus menurun, faktor penyebabnya antara lain, berkurangnya habitat asli karena pembukaan lahan dan perburuan liar sehingga membuat spesies ini berkurang.

2. Tarsius

Tarsius adalah hewan endemik asal Sulawesi dan beberapa pulau di sekitarnya, tampilannya yang khas sehingga mereka mudah dikenali.

Memiliki ciri khas mata yang besar, ukuran tubuh yang kecil, jari-jari yang mirip manusia dan telinganya yang kecil, spesies ini terancam punah karena habitatnya terus terjadi kerusakan.

BACA JUGA:SNPMB 2024: Mahasiswa Baru Cuma Bisa Pilih 4 Prodi, Juga Ada Aturan Lainnya, Selengkapnya di Sini

3. Komodo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: