Polisi Tangkap Warga Bangladesh Diduga Pelaku Penyelundup Imigran Asal Rohingya ke Pidie Aceh

Polisi Tangkap Warga Bangladesh Diduga Pelaku Penyelundup Imigran Asal Rohingya ke Pidie Aceh

Polisi Tangkap Warga Bangladesh Diduga Pelaku Penyelundup Imigran Asal Rohingya ke Pidie Aceh--instagram: n/a

ACEH, LINGGAUPOS.CO.ID - Kepolisian berhasil menangkap seorang pria  warga Bangladesh yang diduga dalang penyelundup imigran asal Rohingya ke Pidie ACEH. Berikut ulasan selengkapnya.

Diduga seorang pria asal Bangladesh yang berinisial HM (70) yang melakukan penyelundupan pengungsi Rohingya ke Aceh.

Pihak kepolisian bahkan mengungkapkan pria tersebut telah meraup keuntungan sebagai agen mencapai Rp3,3 miliar.

Hal tersebut seperti yang dipaparkan oleh Kapolres Pidie, AKBP Imam Asfali, dalam konferensi pers ia menuturkan bahwa agen penyelundupan jika ditotalkan mendapatkan uang senilai Rp3,3 miliar.

BACA JUGA:Jaga Ketersediaan Stok Pupuk Bersubsidi Ditingkat Petani, PT Pusri Palembang Laksanakan Sosialisasi e-Alokasi

“Setiap penumpang kapal yang anak dibebankan membayar sebesar 50 ribu taka atau kalau dirupiahkan Rp7 Juta sedangkan dewasa sebesar 100 ribu taka atau sekitar Rp14 juta. Apabila ditotalkan agen mendapatkan hasil kejahatan tersebut bila dihitung kurs Indonesia sebesar Rp3,3 miliar” Jelasnya.

Selain itu Kapolres Pidie juga mengungkapkan bahwa pelaku ini diduga memfasilitasi kapal kayu untuk membawa imigran Rohingya dari perairan Bangladesh menuju perairan Aceh.

Pelaku juga ikut dalam salah satu kapal itu hingga akhirnya mereka mendarat di Pidie pada Selasa, 14 November 2023.

Hingga saat ini kepolisian masih terus mendalami kasus itu termasuk menyelidiki pihak lain yang terlibat. Polisi juga masih memburu lima orang lain yang diduga nahkoda serta agen.

BACA JUGA:Begal Ibu Guru di Selangit Musi Rawas Diminta Menyerahkan Diri, Sepeda Motor Dikembalikan

“Kita juga akan mendatangkan jaringan internasional dalam penyelundupan manusia etnis Rohingya yang dibawa keluar dari Negara Indonesia” Jelasnya.

Sementara itu, Kapolres juga mengatakan bahwa ada lima orang berhasil kabur namun  HM ditangkap warga karena tidak sanggup[ berlari. Dia akhirnya ditangkap pemuda setempat.

“Dia karena sudah tua tidak sanggup berlari sehingga ditangkap pemuda dan dibawa kembali bersama rombongan imigran Rohingya yang dikumpulkan di pinggir pantai” jelasnya.

HM alias salah satu pelaku  penyelundup imigran Rohingya ke Indonesia, ia juga bergabung bersama rombongan imigran Rohingya lainnya yang terdampar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: