Kalapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Minta Wali Pemasyarakatan Berperan Sebagai Orangtua Bagi WBP

Kalapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Minta Wali Pemasyarakatan Berperan Sebagai Orangtua Bagi WBP

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Muara Beliti mengoptimalkan peran dan fungsi dari Wali Pemasyarakatan (Walipas).-foto: humas lapas kelas IIA muara beliti.-

MUSI RAWAS, LINGGAUPOS.CO.ID - Agar terhindar dari gangguan keamanan, sehingga menjadi aman dan kondusif, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Muara Beliti mengoptimalkan peran dan fungsi dari Wali Pemasyarakatan (Walipas).

Dalam kegiatan ini, Walipas memanggil para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk berkomunikasi terkait penilaian mereka selama di dalam lembaga pemasyarakatan. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang tugas dan fungsi Walipas bagi WBP serta mengajak mereka aktif dalam pembinaan di dalam lapas.

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Ronald Heru Praptama memberikan pesan penting kepada seluruh pegawai yang menjadi Walipas. 

BACA JUGA:Kalapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Menjadi Mentor Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan III di BKPSDM

BACA JUGA:Kadivpas Kemenkumham Sumsel Berikan Penguatan Tupoksi Pengamanan di Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti

"Saya minta kepada seluruh Walipas agar lebih aktif dan dapat melihat langsung perkembangan warga binaan. Karena itu menjadi tanggungjawab Walipas," tegasnya.

Kemudian, Walipas juga harus mampu berperan menjadi orang tua, kakak, dan teman bagi WBP dalam melaksanakan tugas sebagai Walipas, serta hendaknya dilandasi dengan niat suci dan ketulusan dalam pengabdian.

Sementara itu, Kasi Binadik Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Dedy Krihastoni menjelaskan kegiatan walipas ini merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan di dalam Lapas yakni tidak terjadi gangguan keamanan. 

Dikatakannya, 50 persen WBP aktif bekerja mengikuti setiap kegiatan pembinaan yang diberikan di dalam Lapas ini. 

BACA JUGA:Perkuat Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, WBP Lapas Narkotika Muara Beliti Gelar Upacara Bendera

BACA JUGA:Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Adakan Pembinaan Tahsin dan Tajwid Alquran bagi Warga Binaan

Kemudian banyaknya WBP yang bebas sebelum waktunya (melalui program integrasi) juga merupakan suatu keberhasilan di Lapas dengan adanya program Walipas ini.

"Kami menghimbau kepada WBP untuk memberikan peran aktif turut serta dalam mengikuti pembinaan dan kegiatan di dalam Lapas,"katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: