MLFF Pengganti Kartu Tol Mulai 2024, Pahami Lebih Jauh Tentang MLFF, Bayar Tol Tanpa Sentuh

MLFF Pengganti Kartu Tol Mulai 2024, Pahami Lebih Jauh Tentang MLFF, Bayar Tol Tanpa Sentuh

MLFF Pengganti Kartu Tol Mulai 2024, Pahami Lebih Jauh Tentang MLFF, Bayar Tol Tanpa Sentuh--instagram: pupr_bpjt

LINGGAUPOS.CO.ID- Pemerintah akan menggunakan sistem MLFF sebagai pengganti kartu tol mulai 2024, sudahkah anda paham tentang MLFF, yaitu dapat bayar tol tanpa sentuh transaksinya hanya 0 detik saja. Berikut ulasan selengkapnya.

Mulai 2024 secara bertahap, pemerintah akan memberlakukan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) di semua gerbang masuk tol Indonesia .

Teknologi ini menerapkan sistem transaksi tol non tunai nirsentuh berbasis aplikasi, dan Indonesia sebagai Negara Asia pertama yang menerapkan teknologi ini.

Sistem MLFF memanfaatkan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) yang akan meniadakan gerbang tol, sehingga penggunanya tidak lagi perlu mengantri dan menempelkan kartu saat akan memasuki jalan tol.

BACA JUGA:Runners Siapkan Dirimu! Musi Run 2023 Akan Segera Dimulai, Berikut Link Pendaftaran

Multi Lane Free Flow (MLFF) adalah proses pembayaran tol tanpa berhenti, yang berarti pengguna jalan tol tidak harus memberhentikan kendaraannya di gerbang tol. 

Sistem MLFF akan memungkinkan penggunanya melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone yang akan dibaca melalui satelit.

Teknologi ini membuat alat pembaca tidak perlu di setiap tempat karena memakai satelit, berbeda dengan radio frequency identification atau RFID.

GNSS memakai alat yang dipasang di dalam mobil. Ketika kendaraan berada di gardu jalan tol, alat itu akan terbaca melalui sistem di satelit.

BACA JUGA:Kartu Tol Akan Dihapus di Semua Gerbang Tol Mulai 2024, Ini Gantinya dan Perbedaannya

Teknologi GNSS saat ini banyak diterapkan di Negara-negara Eropa Timur, seperti Hungaria. Tidak hanya menjadi sistem transaksi, sistem MLFF berbasis GNSS ini juga akan menjadi platform bagi penerapan teknologi intelligent toll road system (ITRS)

Sehingga akan memberikan pengalaman bagi pengguna jalan dalam melakukan transaksi tol yang lebih cepat, seamless, otomatis dan tanpa henti dalam waktu transaksi hanya 0 detik saja.

Nantinya teknologi MLFF mulai diimplementasikan para pengguna jalan tol dapat melakukan pembayaran nontunai tanpa kartu.

Anda hanya perlu mengunduh dan mendaftarkan data pribadi pada aplikasi bernama Cantas, pada smartphone masing-masing pengguna jalan tol yang telah terkoneksi internet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: