Kartu Tol Akan Digantikan MLFF, Apa Keunggulan dari Gebrakan Pemerintah Ini serta bagaimana Cara Kerjanya

Kartu Tol Akan Digantikan MLFF, Apa Keunggulan dari Gebrakan Pemerintah Ini serta bagaimana Cara Kerjanya

Kartu Tol Akan Digantikan MLFF, Apa Keunggulan dari Gebrakan Pemerintah Ini serta bagaimana Cara Kerjanya--instagram: pupr_bpjt

LINGGAUPOS.CO.ID - Kartu Tol di gerbang Tol akan digantikan dengan MLFF mulai 2024, apa keunggulan dari gebrakan pemerintah ini, serta bagaimana cara kerjanya.

Mulai 2024 kementerian PUPR akan menghapus transaksi bayar layanan jalan tol dengan cara tapping Kartu Tol.

Pemerintah membuat gebrakan agar pembayaran di gerbang tol (GT) dengan cara sistem transaksi nontunai nirsentuh Multi Lane Free Flow (MLFF)

Nah, apa itu teknologi MLFF yang akan diterapkan oleh pemerintah di seluruh gerbang tol Indonesia secara bertahap mulai 2024 ini.

BACA JUGA:Rekonstruksi Perampokan Ibu Hajjah di Lubuklinggau, Terungkap Cara Sadis Tersangka Habisi Korban

Apa saja keunggulan yang dimiliki MLFF dan bagaimana cara kerjanya apakah mampu untuk membuat perubahan yang lebih maju dari yang sebelumnya?. Simak ulasan berikut.

MLFF adalah proses pembayaran tol tanpa henti, sehingga pengendara tidak harus menghentikan kendaraannya di pintu Tol. 

Adapun teknologi yang diterapkan  pada MLFF adalah Global Navigation Satellite System (GNSS), yaitu sebuah sistem yang memungkinkan untuk melakukan transaksi melalui aplikasi di handphone pintar (smartphone) dan dibaca melalui satelit.

Cara kerja MLFF dengan teknologi GNSS tersebut adalah dengan memanfaatkan aplikasi khusus pembayaran layanan jalan tol yang dapat di install di smartphone.

BACA JUGA:1 Desember 2023 adalah Hari AIDS Sedunia, ini 6 Penyebab HIV dan AIDS

Setelah itu, GPS melalui alat yang dipasangkan dalam kendaraan akan menentukan lokasi kendaraan yang dibaca oleh satelit dan proses map-matching (memastikan posisi kendaraan) akan bekerja di sentral system.

Nah, kemudian saat kendaraan anda keluar jalan tol, maka proses map-matching otomatis berakhir dan sistem akan melakukan kalkulasi tariff yang akan dibayar pengguna jalan tol.

Ketika kendaraan anda melewati pintu tol, saldo uang elektronik pada aplikasi di smartphone akan terpotong dengan sendirinya.

Keunggulan MLFF

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: